Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kebiasaan Unik Orang China: Tidur Siang di Tempat Umum

22 Januari 2022   01:36 Diperbarui: 22 Januari 2022   06:15 528 80 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tidur siang di tempat umum | foto: 20min.ch/Mark Ralston—

Tertidur di tempat umum seperti bangku dan hamparan rumput di taman kota, atau di kendaraan umum adalah hal yang sangat biasa terlihat di berbagai belahan dunia. Jangan terkejut jika sedang berada di China.

Orang bisa melakukan aktivitas tidur siang di mana saja. Di restoran cepat saji, misalnya. Selalu ada orang yang tertidur pada siang hari dengan menelungkupkan kepala di atas meja. Mereka melakukannya tanpa sembunyi-sembunyi dan tidak terganggu dengan suasana di sekeliling.

Di toko mebel seperti Ikea juga bukan pengecualian. Pengunjung akan melihat orang tidur siang di atas sofa, kursi, dan tempat tidur yang dipajang di toko ini. 

Pertama sekali saya melihatnya di Beijing. Saya heran dan bertanya-tanya, mengapa tidak ada yang menegur mereka. Pemandangan yang sama saya lihat juga di Shanghai. Belakangan saya mengerti, kebiasaan ini adalah tradisi tidur siang yang bagi penduduk di Tiongkok. 

Baru beberapa tahun belakangan ini Ikea mengeluarkan larangan tidur siang di toko mereka. Banyak pengunjung yang menggunakan sofa dan tempat tidur di toko dengan sesuka hati, melepas sepatu dan menyelinap di bawah selimut. Persis seperti mereka tidur di rumah sendiri.

Tidur siang di bangku taman | foto: Pixabay
Tidur siang di bangku taman | foto: Pixabay
Tidur siang dan manfaatnya

Sebetulnya, tradisi tidur siang tidak hanya ada di China. Bangsa lain juga memiliki kebiasaan yang mirip, dengan latar belakang masing-masing. Misalnya, di Spanyol ada budaya tidur siang yang disebut dengan Siesta, di Jepang ada Inemuri.

Di China, tidur siang dikenal dengan istilah Xuixi (beristirahat). Kebiasaan tidur siang di Tiongkok ini dipengaruhi oleh iklim di negara empat musim ini.

Pada musim panas, temperatur udara tinggi dan lembab. Orang cenderung sering terbangun pada malam hari dan sulit untuk tidur nyenyak. Oleh karena itu, tidur siang diperlukan untuk mendapatkan tidur yang cukup dalam sehari.

Berdasarkan penelitian para ahli, tidur siang bermanfaat untuk tubuh. Durasi yang paling ideal adalah sekitar 20 menit. Namun begitu, lama waktu tidur siang sebetulnya ditentukan oleh tubuh masing-masing orang.

Tidur siang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena dapat mengurangi tingkat stres. Bahkan jika dilakukan secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan