Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Ibu dari seorang putri.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Altenheim, Hunian Senior Ketika Perawatan di Rumah Tidak Memungkinkan Lagi

4 November 2021   23:08 Diperbarui: 5 November 2021   13:11 1014 61 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menitipkan orang tua ke panti wreda | ilustrasi: pexels/ Andrea Piacquadio

Di wilayah kota tempat tinggal kami saat ini sedang dibangun satu rumah hunian untuk warga senior. Rumah ini menambah jumlah panti wreda yang tersedia di kota kami. 

Ada beberapa sebutan di Jerman untuk rumah bagi warga lansia, yang paling umum adalah Altenheim, Altersheim, Seniorenheim, Pflegeheim.

Altenheim, Altersheim, atau Seniorenheim, artinya rumah untuk warga senior atau lansia. Penghuninya adalah lansia yang membutuhkan perawatan dan yang tidak. Sebagian dari mereka ada yang tidak memiliki anggota keluarga dan kontak sosial.

Pflegeheim, jika diartikan adalah rumah perawatan atau akomodasi rawat inap sepenuhnya untuk orang-orang yang membutuhkan perawatan, dengan dukungan tenaga perawat profesional.

Umumnya, penghuni Pflegeheim adalah kaum lansia. Namun, ada juga yang berusia relatif muda dan membutuhkan perawatan karena kondisi kesehatan mereka.

Perbedaan dari istilah ini hampir tidak ada lagi, karena lazimnya Altenheim, Altersheim, dan Seniorenheim menjadi hunian kaum lansia bagi yang perlu perawatan khusus maupun tidak. Jadi Altenheim dan Pflegeheim biasanya berada di satu tempat.

Pilihan untuk pindah ke panti wreda ini bagi orang di Jerman juga merupakan pilihan terakhir. Jika masih mungkin untuk dirawat di rumah, pihak keluarga akan mengambil jalan ini. Bagaimanapun, rumah sendiri adalah tempat yang paling nyaman untuk ditinggali.

Pemaksaan untuk tinggal di panti jompo juga tidak boleh dilakukan, seandainya orangtua tidak menginginkannya. Tindakan pemaksaan ini melanggar hukum, karena merupakan tindakan penahanan dan perampasan kebebasan.

Pindah ke Altenheim

Keputusan pindah ke rumah yang dihuni kaum senior bukan berarti buruk. Justru membuat para orangtua lebih sehat dan bahagia di hunian kaum lansia, jika anggota keluarga memang tidak mampu merawat mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan