Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Tarte Tatin, Tart Apel Legendaris dari Prancis

20 September 2021   11:55 Diperbarui: 21 September 2021   14:15 677 58 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tarte Tatin, Tart Apel Legendaris dari Prancis
Tarte tatin, tart apel legendaris dari Prancis | foto: HennieTriana—

Akhir minggu yang baru lalu saya berhasil mewujudkan rencana yang sudah lama bersarang di kepala. Membuat "Tarte Tatin" begitu sebutannya. Kue berbahan apel karamel ini berasal dari Prancis. 

Membuat kue berbahan apel tentu tidak sulit mendapatkan bahannya. Buah apel tersedia sepanjang tahun di Jerman. Apel merupakan buah yang paling populer di negara ini. Rata-rata setiap orang mengonsumsi 30 kilogram atau sekitar 125 buah apel per tahun.

Buah dengan banyak ragam rasa, dari asam hingga manis ini mengandung 85 persen air. Apel juga sangat cocok untuk diet sehat karena mengandung banyak vitamin dan lebih dari 30 mineral. Selain itu juga mengandung antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas. 

Seperti kata pepatah Inggris;

"An apple a day keeps the doctor away" 

Tarte tatin siap disantap | foto: HennieTriana
Tarte tatin siap disantap | foto: HennieTriana
Tarte Tatin

Tart dari apel karamel yang ditutupi adonan tipis ini pertama kali saya cicipi saat berkumpul dengan teman-teman. Salah seorang teman, Zoe yang berasal dari Prancis, membawa tart apel mungil bikinannya. 

Kue yang sangat lezat ini dalam sekejap ludes kami santap. Zoe kemudian mengatakan bahwa semua orang bisa membuat tart apel ini. Bahan yang dibutuhkan tidak rumit, dan sangat gampang membuatnya, begitu menurut wanita berambut pirang ini.

Menurut asal usulnya tarte tatin dibuat secara tidak sengaja. Kue ini dinamai sesuai nama keluarga dari dua orang bersaudara, Stephanie dan Caroline Tatin. Kakak adik ini mengelola satu restoran di daerah Sologne, Prancis menjelang akhir abad ke-19.

Ada banyak versi mengenai kisah ini, tetapi yang paling dikenal adalah kue apel dibuat karena "kecelakaan" memasak yang dilakukan oleh Tatin bersaudara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan