Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Hati-hati, Memberi Tip Bisa Dianggap Menghina!

26 Agustus 2021   06:30 Diperbarui: 28 Agustus 2021   01:30 1189 54 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hati-hati, Memberi Tip Bisa Dianggap Menghina!
Hati-hati, memberi tip bisa dianggap menghina | foto: pixabay/Peter—

Seorang pramusaji setengah berlari menghampiri kami saat akan meninggalkan satu restoran di Shanghai. Wanita muda itu mengembalikan uang tip yang kami selipkan di dalam bill folder.

"No tip." Begitu ia berkata sambil membungkuk.

Pengalaman tip ditolak dan uang dikembalikan itu saya alami saat awal berada di Negeri Panda. Rupanya, di sana dilarang untuk memberikan tip kepada karyawan di restoran, cafe, bar. dan lainnya. 

Lain padang lain belalang

Beda negara beda tipnya

Sering kita mengira-ngira, berapa tip yang pantas diberikan setelah makan di restoran ketika berada di satu negara yang pertama sekali dikunjungi.

Ternyata, memberi uang sebagai tanda terima kasih tidak selalu diharapkan oleh pemberi layanan, bahkan bisa dianggap merendahkan.

Jepang: Di Negeri Sakura juga dilarang memberi tip, bahkan dianggap sebagai penghinaan. Bagi orang Jepang, memberikan layanan yang baik kepada konsumen adalah keharusan dan tidak perlu diberi imbalan ekstra.

Saya perhatikan, memang tidak ada petugas di hotel, misalnya, yang menunggu tip ketika mengantarkan barang-barang tamu ke kamar, atau ketika membantu memasukkan koper ke dalam mobil.

Indonesia: Sebetulnya, di Indonesia juga tidak biasa memberi tip jika makan di restoran. Hanya di restoran tertentu, terutama yang banyak didatangi orang asing, pemberian tip dianggap keharusan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan