Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Euro 2020: Allianz Arena Bersolek dan Ganti Nama

13 Juni 2021   07:42 Diperbarui: 13 Juni 2021   07:48 505 44 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Euro 2020: Allianz Arena Bersolek dan Ganti Nama
EURO 2020 Allianz Arena ganti nama | foto: Tobias Alt/Tobi 87—

Pencinta sepakbola saat ini sedang menikmati para idola mereka bertanding. Sepakbola merupakan cabang olahraga yang paling populer dan digemari masyarakat dunia. 

Warga Jerman umumnya menyukai olahraga, terutama sepakbola. Mereka sangat antusias menyambut berlangsungnya EURO 2020, yang pelaksanaannya tertunda karena pandemi. Seminggu sebelum pembukaan pesta sepakbola Eropa ini telah terlihat mobil yang dihiasi bendera mini negara peserta.

Kejuaraan ini diselenggarakan setiap 4 tahun, diikuti oleh tim nasional untuk menentukan juara sepakbola Eropa. Di Jerman, turnamen ini sering disebut dengan istilah EM, singkatan dari Europameisterschaft (UEFA Fußall Europa-Meisterschaft).

Jerman menjadi salah satu lokasi berlangsungnya pertandingan. Tepatnya di Allianz Arena, München (Munich), di negara bagian Bavaria (Bayern). 

Allianz Arena adalah rumah FC Bayern München, satu klub olahraga Jerman dari kota Munich. Stadion ini mulai dibangun pada 2002 dan beroperasi tahun 2005. Julukan "perahu karet" untuk Arena diberikan karena bentuknya yang unik.

Allianz Arena FC Bayern Munich | foto: Maximilian Doerrbecker
Allianz Arena FC Bayern Munich | foto: Maximilian Doerrbecker

Dengan luas bangunan 37.600 meter kuadrat dan halaman rumput berukuran 72 x 111 meter, stadion yang dirancang oleh Herzog & de Meuron, firma arsitektur dari Swiss, dapat menampung 66.000 penonton. 

Fasad stadion terdiri dari 2.800 bantalan berbentuk belah ketupat yang terbuat dari ETFE (etilen tetrafluoroetilena), material transparan yang dapat menggantikan fungsi kaca dan plastik. 

Lapisan luar transparan dengan ketebalan 0,2 mm yang menyelubungi stadion dapat diterangi dalam berbagai warna, tergantung klub mana yang bermain. Hampir sepertiga panel ini dipasangi 25.000 lampu neon warna putih, merah, dan biru dengan berbagai variasi.

Bantalan belah ketupat yang mengelilingi arena telah teruji dalam perlindungan kebakaran. Tahun 2003 Allianz Arena menerima "Deutschen Brandschutzpreis" (penghargaan perlindungan kebakaran Jerman), penghargaan paling penting untuk perlindungan kebakaran struktural di Jerman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN