Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Lontong Sayur Medan, Kuliner Andalan Saat Idulfitri

14 Mei 2021   05:19 Diperbarui: 14 Mei 2021   05:24 394 62 31 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lontong Sayur Medan, Kuliner Andalan Saat Idulfitri
Lontong Sayur Medan | dok. Detikfood—

Salah satu menu sarapan kesukaan orang di Medan adalah lontong sayur. Setiap pagi, pada jam-jam tertentu banyak penjual yang menawarkan makanan ini, di samping menu lainnya seperti lupis, nasi gurih, dan pulut (ketan) dengan pisang goreng.

Belakangan, saya mengetahui bahwa lontong sayur dari Medan ternyata digemari di daerah lain. "Lontong Sayur Medan", begitu sebutannya, untuk membedakan lontong sayur dari daerah lainnya. 

Di rumah (alm.) orangtua kami, ketika lebaran selalu ada menu lontong sayur. Meskipun rendang, dan beberapa masakan lainnya selalu ada. Sebab itulah nasi putih selalu tersedia, karena sewaktu-waktu kami, maupun tamu tidak ingin menyantap lontong. 

Seperti lazimnya kuliner satu daerah, sering tidak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya. Tidak terkecuali dengan lontong sayur Medan ini.

Lontong adalah makanan yang awalnya dikenal di masyarakat Jawa. Makanan yang terbuat dari beras ini dibuat dengan cara membungkusnya dengan daun pisang, kemudian dimasak beberapa jam lamanya hingga menghasilkan bentuk padat. 

Menurut sejarawan kota Medan, M. Azis Rizky Lubis, kemungkinan lontong masuk ke Medan sekitar pertengahan abad ke-19. Pada masa itu banyak pekerja perkebunan dari Jawa yang dibawa oleh Belanda ke Tanah Deli. (Detikfood)

Lontong sayur sendiri, konon berasal dari Minang. Bisa jadi kuliner ini dibawa oleh penduduk yang berasal dari Minangkabau. Mengingat masyarakat kota Medan terdiri dari penduduk yang multikultural, meskipun suku aslinya adalah suku Melayu. 

Sebetulnya tidak hanya masyarakat di Medan yang mengenal lontong sayur. Banyak daerah lain di Indonesia yang juga memiliki makanan khas yang terbuat dari beras yang padat ini. Namun, masing-masing daerah memiliki ciri tersendiri sebagai pembeda kulinernya.

Yang menjadi kekhasan lontong sayur Medan adalah rasa tauco. Kendatipun setiap keluarga memiliki sayur tauco kesukaan, sangat umum dijumpai tauco kacang panjang dengan udang dan tahu.

Sayuran berkuah yang wajib disediakan adalah gulai nangka muda, atau labu jipang (labu siam).

Menu lontong sayur saat lebaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN