Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

3 Perayaan Penting di Jerman Hari Ini: Idulfitri, Christi Himmelfahrt, dan Vatertag

13 Mei 2021   04:25 Diperbarui: 13 Mei 2021   14:19 675 70 33 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Perayaan Penting di Jerman Hari Ini: Idulfitri, Christi Himmelfahrt, dan Vatertag
Masjid Tengah Cologne yang dijalankan oleh organisasi Jerman-Turki, DITIB, digambarkan pada 29 September 2018 di Jerman Barat.(AFP/Patrik STOLLARZ)

Pada Kamis 13 Mei 2021 ada tiga perayaan yang dilakukan di Jerman. Dua perayaan keagamaan; Idulfitri dan Kenaikan Isa Almasih, sedangkan satu lagi adalah perayaan nasional, Hari Ayah (Vatertag).

1. Idulfitri (Zuckerfest)

Sejak kemarin di grup Whatsapp saudara kandung saya yang jumlahnya hanya 7 anggota (cuma kami 7 bersaudara tanpa pasangan) membicarakan masakan untuk Lebaran.

Adik-adik saya sudah mulai memamerkan beberapa makanan pelengkap hari besar ini, seperti manisan, kue kering, dan tapai pulut (ketan).

Foto-foto hidangan utama seperti rendang, opor ayam, sambal goreng, ketupat, lontong, dan lainnya satu persatu memenuhi percakapan kami.

Masjid Central Cologne Jerman | foto: HennieTriana
Masjid Central Cologne Jerman | foto: HennieTriana
Adik bungsu dan kakak saya yang tinggal di Eropa juga mengirim foto rendang dan opor yang masih setengah jadi dan sedang nangkring di atas kompor.

Yang tidak sibuk memamerkan makanan hanya abang kami, anak sulung dan satu-satunya anak laki-laki di keluarga. Tetapi dia selalu antusias bertanya jika masakan yang kami sebutkan adalah makanan yang biasa kami santap di rumah, dulu saat lebaran bersama kedua almarhum orangtua.

Saya baru mulai memasak siang tadi, setelah mendapatkan vaksin Covid-19 di Hausarzt (dokter keluarga). Masih terasa pegal bagian tangan yang mendapat suntikan tadi.

Cukup sederhana menu yang saya siapkan, hanya rendang sapi, sayur nangka muda, dan sambal goreng tempe kentang, tanpa lontong apalagi ketupat. Lumayan untuk santapan perayaan Idulfitri kami di rumah.

Baca Juga: Zuckerfest, Idul Fitri yang Dikenal di Jerman

2. Christi Himmelfahrt (Kenaikan Isa Almasih)

Kamis 13 Mei, umat Kristiani juga memperingati hari besar mereka, Kenaikan Isa Almasih, di Jerman dikenal dengan sebutan Christi Himmelfahrt

Kenaikan Yesus Kristus diperingati pada hari ke 40 Paskah, yaitu 39 hari setelah Minggu Paskah. Karena hitungannya sesuai hari Paskah, maka tanggalnya tidak selalu sama setiap tahun. Pada 2021 ini jatuh pada hari Kamis, tanggal 13 Mei. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN