Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Hari Kidal Sedunia: Alat Tulis Sekolah untuk Orang Kidal

14 Agustus 2020   15:39 Diperbarui: 14 Agustus 2020   20:08 774 65 29 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Kidal Sedunia: Alat Tulis Sekolah untuk Orang Kidal
Foto: Kuebi/Armin Kbelbeck/commons.wikimedia.org

Saat di Sekolah Menengah Atas (SMA), ada seorang teman perempuan saya yang kidal. Hebatnya dia bisa menulis dengan menggunakan tangan kanan maupun kiri. Hasil tulisan kedua tangannya sama bagusnya.

Menurutnya, di awal sekolah dulu, dia dipaksa harus menggunakan tangan kanan jika menulis. Tangan kiri dianggap bukan tangan bersih. Orang-orang tua jaman dulu memang banyak yang menganggap begitu, tangan kiri hanya untuk membersihkan urusan buang hajat.

Tetapi, pengakuannya, dia lebih suka dan bisa lebih cepat menulis, menggambar dan melakukan kegiatan lainnya jika menggunakan tangan kiri. Makanya setelah di SMA dia sering menulis dengan tangan kiri. Tidak ada lagi larangan dari guru masa itu.

Menurut KBBI, kidal artinya: bersifat lebih terampil tentang anggota badan (tangan) bagian kiri daripada bagian kanan.

Orang yang kidal atau Linkshänder sebutannya dalam Bahasa Jerman, memang lebih banyak melakukan aktivitas tangannya dengan menggunakan tangan kiri daripada tangan kanan. Jumlah orang kidal hanya sekitar 10,6% dari jumlah populasi dunia, sehingga pada masa lalu banyak orang yang menganggap bahwa kidal itu tidak normal.

Karena alasan tersebut anak-anak sekolah dipaksa untuk mengubah kebiasaan mereka menulis dengan tangan kiri menjadi menulis dengan tangan kanan. Padahal sikap ini bisa menyebabkan anak-anak mengalami gangguan konsentrasi, emosi dan rasa tidak nyaman ketika berada di sekolah.

Orang kidal dianggap lebih kreatif dan artistik daripada orang yang tidak kidal. Hal tersebut menurut pendapat umum karena ada hubungannya dengan fungsi otak bagian kanan dan kiri.

Namun sebenarnya, otak manusia sangat kompleks, sehingga cara kerjanya tidak dapat dipisahkan, kedua belahan otak saling bekerjasama.

Dipercaya bahwa orang kidal lebih sering menggunakan kedua bagian otak dan lebih mampu mengkoordinasikannya satu sama lain. Hal ini mungkin juga karena mereka, meskipun kidal, secara otomatis melakukan lebih banyak hal dengan tangan kanannya dalam kegiatan sehari-hari dibandingkan dengan orang yang tidak kidal menggunakan tangan kiri mereka dalam beraktivitas.

Alat tulis untuk orang kidal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x