Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Ban Mobil di Jerman Penggunaannya Harus Sesuai Musim

8 Mei 2020   18:24 Diperbarui: 9 Mei 2020   14:02 498 76 39 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ban Mobil di Jerman Penggunaannya Harus Sesuai Musim
Ilustrasi ban mobil - foto: reifen.de/forschung-und-beratung

Beberapa hari yang lalu sesuai jadwal yang disepakati, mobil saya harus dikirim ke bengkel langganan untuk mengganti ban winter ke ban summer. 

Ban mobil memang sengaja kami titipkan di bengkel dengan membayar biaya sesuai yang diberlakukan. Demi kepraktisan juga, selain tidak bisa mengganti sendiri.

Tahun ini juga waktunya mobil saya untuk menjalani inspeksi keseluruhan mobil. Di Jerman sering disebut TV, diambil dari nama salah satu perusahaan yang memiliki izin untuk melakukan pemeriksaan ini. 

Peraturannya, jika mobil baru setelah 3 tahun wajib diperiksa, sedangkan selanjutnya setiap 2 tahun. Kendaraan akan mendapatkan stiker setelah pemeriksaan ini, tertera bulan dan tahun untuk pemeriksaan berikutnya dan ditempelkan di kendaraan. 

Di Jerman dan mungkin beberapa negara Eropa lainnya pemakaian ban untuk mobil, ada yang menggunakan jenis ban sepanjang tahun, dan ada yang menggunakan ban winter dan summer.

"Ban terlihat memang sama, hitam dan bundar. Tetapi di belakangnya ada teknologi yang beragam, yang bertanggung jawab atas sifat ban itu sendiri, termasuk jarak pengereman," begitu ucapan Dr. Fred Waldner, kepala laboratorium uji dari Continental. 

Mobil yang menggunakan ban sesuai musim wajib menggunakan ban winter saat musim dingin. Ada istilah di Jerman untuk mengingatkan kapan ban winter wajib digunakan, yaitu "O bis O Regel" (aturan dari O hingga O). Maksudnya adalah penggunaan ban winter mulai Oktober hingga Ostern (Paskah).

Mulai Oktober karena pada bulan ini kemungkinan salju sudah turun. Jika salju turun dan jalanan licin akan sulit dan berbahaya mengemudikan kendaraan dengan menggunakan ban summer. Setelah Paskah biasanya sudah selesai musim dingin dan salju tidak turun lagi.

Penggunaan ban summer ini tidak wajib. Tetapi jika menggunakan ban winter pada musim panas berdampak pada saat pengereman kendaraan, terutama dalam keadaan darurat.

Misalnya, jarak pengereman di jalan kering dengan kecepatan mobil 100 km/jam, dengan menggunakan ban summer sekitar 5 meter lebih pendek dibandingkan dengan ban winter.

Kebanyakan orang di Jerman menggunakan ban sesuai musim ini. Menurut suami saya, ban sepanjang tahun itu tidak terlalu sempurna dan aman digunakan saat winter. Apalagi jika melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang tinggi ketebalan saljunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN