Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mampir ke Berlin, Saksi Negeri Jerman yang Pernah Terbelah

28 Februari 2020   16:57 Diperbarui: 28 Februari 2020   19:24 159 28 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mampir ke Berlin, Saksi Negeri Jerman yang Pernah Terbelah
Bundestag - dok. HennieTriana

Jerman yang dikenal dulu ada dua, Jerman Barat dengan ibukotanya Bonn dan Jerman Timur (DDR) ibukotanya Berlin Timur. Kedua negara ini berdiri pada tahun 1949.

Kemudian setelah bersatunya kembali Jerman pada 3 Oktober 1990, maka ibukota negara Republik Jerman berada di kota Berlin.

Sekitar 700 km jaraknya kota ini dari tempat tinggal kami yang berada di bagian selatan Jerman. Dengan mengendarai mobil, kami tempuh hampir sekitar 10 jam dengan beberapa kali berhenti untuk istirahat.

Berlin sebagai ibukota negara terlihat sibuk tetapi sangat nyaman untuk didatangi. Kota ini dikenal juga sebagai kota mode, yang individual, muda, bebas dan ekspresif. Mode tidak hanya terpaku mengikuti trend yang sedang ada.

Tembok Berlin - dok. HennieTriana
Tembok Berlin - dok. HennieTriana

Tembok Berlin

Berliner Mauer sebutannya dalam bahasa Jerman. Di tengah kota ini masih tersisa tembok yang menjadi simbol Perang Dingin dan pemisah negara menjadi wilayah timur dan barat. Taruhannya nyawa jika ada yang mencoba melarikan diri ke Jerman Barat.

Awalnya batas kedua negara ini hanya dipisah dengan kawat berduri yang dijaga sepanjang waktu. Tetapi semakin lama semakin banyak  warga dari timur ingin melarikan diri ke barat, maka pada tahun 1961 dibangunlah tembok di tengah kota Berlin, yang membelah kota dan memisahkan keluarga, teman dan kerabatnya.

Kehidupan yang dijalani masyarakatnya juga terlihat kontras di balik tembok masing-masing wilayah. 

Tembok pemisah negara selama 40 tahun  yang dibenci orang Jerman ini akhirnya runtuh pada tahun 1989. Pembatas dua negara ini akhirnya dibuka dan hanya disisakan sebagian sebagai saksi sejarah.

Ada juga kepingan Tembok yang disusun dan diletakkan di beberapa tempat terpisah dengan informasi mengenai sejarah tembok tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN