Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Kompasianer Jerman || Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Betulkah Tak Ada Suami yang Setia?

29 Desember 2019   05:01 Diperbarui: 30 Desember 2019   21:42 443
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
wedding rings - dok. pexels.com

"Ah, laki-laki di mana-mana sama saja. Buaya semua", seorang wanita, sebut saja namanya Karina menumpahkan kekesalannya. 

Ia sedang sedih dan kecewa dengan perjalanan cintanya. Pernikahannya dengan lelaki yang sangat dicintainya tidak berumur panjang. Karina sudah tidak sanggup lagi melihat kebiasaan suaminya yang sering menghabiskan waktu dengan wanita-wanita lain.

Saya mengerti kekecewaannya. Mungkin jika ingin jujur, tidak ada istri yang bisa menerima kebiasaan suami seperti itu, begitu juga jika terjadi sebaliknya.

"Dek, kau jangan pernah mimpi punya suami yang setia. Yang paling penting itu adalah suami yang bertanggung jawab"

Saya terdiam tak tahu mau menjawab apa. Serasa wajah saya ditampar angin kencang. Kalimat itu diucapkan seorang laki-laki yang pernah dekat di hidup saya.

"Aku yakin pasti ada suami yang setia di luar sana", jawaban saya akhirnya keluar juga.

"Silakan cari, mungkin ada di bangsa kulit putih itu", lanjutannya menimpali kalimatku.

Setia menurut KBBI adalah; 

1) berpegang teguh (pada janji, pendirian, dan   sebagainya); patuh; taat

2) tetap dan teguh hati (dalam persahabatan dan sebagainya)

Lantas standar setia itu seperti apa.  Bisa jadi berbeda-beda menurut masing-masing individu. Bagi saya, setia dengan pasangan, dalam hal ini, suami istri adalah tidak berbagi kasih dan sikap seperti yang kita berikan pada pasangan kita. Saya adalah penganut pasangan tunggal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun