Mohon tunggu...
Hennie Engglina
Hennie Engglina Mohon Tunggu... Pelajar Hidup

HEP

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Orang Pintar Cuman Kalah Sama Orang yang Beruntung

22 November 2019   19:08 Diperbarui: 22 November 2019   23:12 1590 43 30 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang Pintar Cuman Kalah Sama Orang yang Beruntung
Sumber: www.cnbcindonesia.com

Itu adalah pernyataan Raffi Ahmad, selebritas Indonesia, suami dari Nagita Salvina atau Gigi. Pernyataan itu sedang disebut-sebut saat ini di kalangan kaum milenial sebagai quote Raffi Ahmad.

Ceritanya, Raffi dan Gigi bersama putranya, Rafathar, dan tim Youtubenya, Rans Entertainment, bernostalgia di kampus di mana Gigi dulu berkuliah, yakni The Australian National University (ANU) Canberra, Australia.

Melihat kampus itu, Raffi menduga bahwa pastilah yang berkuliah di situ adalah anak orang-orang kaya seperti Gigi. Namun, Gigi mengatakan bahwa ANU adalah universitas negeri. Gigi tampak tidak tertarik dengan sebutan orang kaya kepada dirinya. 

Gigi berkata bahwa ANU itu bukan untuk orang kaya tetapi untuk orang pintar. Kalimat Gigi itu disambut Raffi dengan berkata, "Orang pintar boleh, tapi orang pintar cuma kalah sama orang yang beruntung" sambil tersenyum seakan mengesankan Raffi melihat dirinya sebagai salah satu orang yang beruntung itu.

Raffi sendiri menyelesaikan pendidikan formal terakhir di jenjang SMA. Namun, jangan tanya soal kekayaannya. Dilansir oleh Finansialku, Raffi menduduki peringkat satu selebritas terkaya di Indonesia tahun 2019 menurut versi Forbes.

Kekayaan itu dikumpulkan Raffi dari dunia entertainment yang telah digelutinya kurang lebih 20 tahun dan menjadikannya salah satu artis dengan bayaran termahal. Raffi juga memiliki kerajaan bisnisnya sendiri dan juga sekarang aktif sebagai Youtuber yang kian menambah pundi-pundi kekayaannya.

Apakah Raffi termasuk kategori orang yang beruntung?

Saya pikir, tidak. Mungkin Raffi beruntung bertemu dengan orang yang memperkenalkannya pada dunia entertainment. Akan tetapi, kekayaan yang diperolehnya bukanlah keberuntungan melainkan hasil dari kerja keras yang selama ini nyata pula dirasakan oleh orang-orang di sekitar kehidupan pribadinya, khususnya keluarganya.

Raffi nyaris tidak punya waktu bersama keluarganya. Dari pagi hingga pagi ia terus bekerja. Hingga beberapa bulan terakhir Raffi dinyatakan mengalami sakit. Dari situ, Raffi akhirnya berpikir untuk beristirahat sejenak dari dunia entertainment. Bersama dengan istri dan anaknya, Rafi melakukan perjalanan keliling dunia. Ia ingin sepenuhnya ada bersama keluarganya tanpa diganggu oleh panggilan pekerjaan apa pun.

ilustrasi: mojok
ilustrasi: mojok
Lalu, siapa orang yang beruntung itu? Ibu Susi Pudjiastuti?

Ketika Jokowi memilihnya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (2014-2019), Beliau berstatus pendidikan terakhir SMP. SP adalah seorang pengusaha yang sukses. Seperti Raffi, kekayaannya sebagai pengusaha bukanlah keberuntungan tetapi hasil kerja keras.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN