Mohon tunggu...
Heni Pristianingsih
Heni Pristianingsih Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Mencari inspirasi hidup melalui kisah dan pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Tips Menggiatkan Budaya Literasi bagi Siswa Sekolah Dasar

26 Mei 2022   21:10 Diperbarui: 27 Mei 2022   01:00 675 15 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gambar : koleksi pribadi

Mungkin banyak orang yang sudah pernah mendengar kata pepatah "buku adalah jendela dunia."  Apalagi pada masa dunia digital seperti saat ini. Kita tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan hanya untuk mencari sebuah buku. 

Cukup dengan mendownload aplikasi e-library (perpustakaan digital), melakukan pencarian di google, dan sejenisnya kita bisa mendapatkan materi bacaan yang diinginkan.

Sayangnya, fasilitas yang semakin canggih ini kurang dibarengi dengan minat baca yang berimbang dari masyarakat. Utamanya mereka yang terlibat dalam dunia pendidikan. 

Bagaimana guru yang kurang suka membaca akan bisa menyuruh para siswanya agar gemar membaca? Tentu ini  tindakan yang tidak adil, bukan ?

Di lain sisi, kecenderungan para siswa yang kurang menyukai bacaan panjang juga bisa menjadi dampak lain akibat perkembangan dunia media sosial. 

Mengapa harus menuliskan perkataan yang terlalu panjang apabila semua bisa diwakili dengan aplikasi WhatsApp, Telegram, Line, Skype dan sebagainya ?

Peranan guru sebagai motivator dan penggerak bagi para siswa sangatlah penting dalam upaya menggiatkan literasi. Guru bukan hanya menjadi sosok akademisi tapi juga praktisi. 

Coba Anda bayangkan apabila ada seorang guru bahasa Indonesia yang sedang memperkenalkan materi puisi tetapi guru tersebut tidak bisa membuat puisi. Aneh juga bukan ? 

Hal ini tentu akan berbeda jika guru tadi juga menunjukkan buku antologi puisi buatannya kepada para siswa. 

Guru tetaplah menjadi teladan dalam setiap masa dan harus senantiasa mengikuti perkembangan jaman sesuai bidang keilmuannya. 

Semakin tinggi motivasi guru dalam memajukan dunia pendidikan maka semakin tinggi pula minat para siswa untuk belajar dan berkembang seperti figur guru idola mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan