Mohon tunggu...
Heni Pristianingsih
Heni Pristianingsih Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Mencari inspirasi hidup melalui kisah dan pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Olahraga Hemat & Kaya Manfaat Meski Sedang Berpuasa

29 April 2021   17:30 Diperbarui: 29 April 2021   17:33 708
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto : Koleksi Pribadi

Banyak yang dilakukan orang agar tetap bugar meskipun dalam keadaan puasa. Caranya dengan tetap melakukan olahraga seperti jalan kaki atau senam ringan. Jalan kaki bisa dilakukan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Senam ringan juga demikian. Untuk menambah variasi, kita dapat mengakses melalui Youtube. 

Suasana masih belum begitu ramai ketika saya mulai menggerakkan badanku di depan rumah. Sejenak saya melakukan pemanasan dengan melakukan gerakan senam ringan. Matahari masih belum mau memunculkan diri dan jalanan di depan rumah masih lengang. 

Setelah cukup pemanasan, saya melanjutkan kegiatan berjalan kaki mengelilingi perumahan tempat tinggalku. Saya menuju area persawahan yang terletak di lokasi sebelah.

Udara pagi terasa sangat segar. Saya menyusuri jalan yang di sebelah kanan kirinya terdapat area persawahan yang sebagian mulai menguning. Indah sekali pemandangannya. Sejauh mata memandang, sawah dan kebun yang cukup luas terhampar. 

Saya masih memiliki waktu untuk berjalan-jalan dan menghirup udara pagi yang masih bersih setelah makan sahur dan sholat Subuh. 

Sebenarnya di ujung persawahan sebelah utara, dulunya merupakan tempat pemancingan ikan. Apabila kita ingin menikmati olahan ikan segar, bisa memesan menu masakan ikan di sana. Selain itu juga terdapat kolam renang. Sayangnya, tempat itu sekarang sudah berubah menjadi perumahan. 

Saya berkeliling di lingkungan seputar perumahan selama hampir 20 menit. Cukup untuk sekedar melakukan olahraga ringan sebelum saya berangkat kerja.

Bukan hanya di rumah, di tempat kerjapun kita bisa melakukan gerakan ringan bagi tubuh kita. Hal ini perlu sekali agar peredaran darah menjadi lancar dan tidak terjadi penumpukan lemak yang berlebihan. Intinya, meskipun berpuasa, badan harus tetap giat melakukan gerakan (ringan).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun