Mohon tunggu...
Heni Prasetyorini
Heni Prasetyorini Mohon Tunggu... Tutor - Edupreneur

Pegiat pendidikan coding untuk anak-anak di Heztek Coding

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Kangen Anak Saat Tarawih Pertama

19 Mei 2018   07:37 Diperbarui: 19 Mei 2018   07:36 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto keluarga (dokpri)

Sesuai foto di atas, anak saya ada dua dan itu laki-laki semua. Yang sulung sekarang jauh dari saya. Dia belajar sekaligus masuk ke pondok pesantren di daerah Jawa Timur. Sebenarnya pas awal Ramadhan ini, sekolahnya libur. 

Akan tetapi, mengingat sebentar lagi juga dia akan libur kenaikan kelas, maka kami memilih membiarkannya di sana dan tidak menjemputnya pulang. Daripada bolak-balik, karena libur awal puasa saja sebentar, lalu dia masuk sekolah lagi dan ada sesi pondok Ramadhan yang wajib diikuti. 

Alhasil hanya kami bertiga di Surabaya yang menjalankan ibadah puasa di rumah. Dikuat-kuatin juga namanya emak-emak, ya berlinang juga air mata nih pas acara sholat tarawih di malam Ramadhan pertama. Perasaan udah berusaha biasa aja, pakai logika kalau nih anak sedang menuntuu ilmu jadi nggak usah dipikirin. Udah gede juga. 

Eh tapi, di beberapa rakaat akhir sholat tarawih kok ya mendadak kelintas wajah nih anak di deretan jamaah laki-laki. Jadi maknyes kan di hati ini. Saya dah berusaha menghalau lintasan visualisasi imajiner itu, tapi ya gagal. 

Mungkin, untuk emak-emak yang jauhan sama anaknya pasti tahu ya rasanya. Mau dikemas dengan bahasa apapun, intinya kami ini hanyalah ibu yang merindu. 

Berkali-kali saya mengusap air mata yang tanpa mau kompromi sama sekali dengan perintah otak saya untuk berhenti mengalir. Sampai beberapa anak gadis cilik di depan saya, menatap heran dan curiga melihat saya mendadak "nyedot-nyedot ingus" kayak orang pilek gitu. 

Sesampai di rumah saya sampaikan hal ini ke suami. Dan dia cuma bisa diam. 

Pasti, dia juga sedang merindu. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun