Mohon tunggu...
Heni Prasetyorini
Heni Prasetyorini Mohon Tunggu... Tutor - Edupreneur

Founder kelaskudigital.com, Pendiri kelas belajar online untuk anak #AyoBermainCoding, Suka mengeksplorasi teknologi digital untuk membuat kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Coding Mum Mencetak Ibu Rumah Tangga Menjadi Web Designer dan Front End Programmer

15 Juni 2016   22:27 Diperbarui: 16 Juni 2016   20:47 530 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Coding Mum Mencetak Ibu Rumah Tangga Menjadi Web Designer dan Front End Programmer
Coding Mum Surabaya Batch 1 plus Bekraf ers

Sebuah keberuntungan luar biasa, saya bisa ikut projek dari Bekraf yang memberikan kursus pemrograman untuk perempuan, bernama Coding Mum. Projek ini sudah diselenggarakan di Bandung, Jakarta dan Malang. Sekarang giliran Surabaya.

Saya mendapatkan info tentang Coding Mum ini, bagi saya, tanpa sengaja. Namun tentu saja, sebenarnya segala detil kehidupan kita, telah diatur oleh-Nya.

Awalnya, saya menulis blogpost tentang kegundahan saya terhadap pendidikan anak saya di sekolah. Saya menulis artikel, Tetap Sekolah Atau Homeschooling?

Lalu saya bagikan artikel ini di akun fesbuk pribadi. Tak disangka, banyak respon dari teman yang membantu. Salah satunya, seorang ibu praktisi homeschooling di Surabaya, satu kota dengan saya. Malam itu juga kami chatting, dan saya menanyakan beberapa hal tentang HS. Sambil chat, iseng saya buka timeline ibu tersebut. Di salah satu postingannya, terselip info dibukanya program Coding Mum Surabaya.

Kebetulan, sudah lama saya ingin belajar pemrograman, coding dan web design. Namun sering terkendala beberapa hal.  Setelah saya konfirmasi ke ibu tersebut, dan saya telusuri asal berita, maka saya langsung mendaftar. Memang untuk submit form pendaftaran Coding Mum, secara online, saya tunda sehari untuk mempersiapkan CV dan Esai berisi Misi Visi mengikuti Coding Mum, yang harus dishare melalui Google Drive. 

Singkat cerita  saya diterima sebagai peserta kursus Coding Mum Surabaya batch 1. Karena masih batch 1, maka biaya kursus disubsidi oleh Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif, bikinan pak Jokowi). Jadi kursusnya gratis. Alhamdulillah. 

Berbekal tekad kuat, saya yang tak punya background IT sama sekali, kecuali ngeblog dan otak-atik HTML template blogspot ini, berangkat. 

Lokasi kursus di kantor DILO Telkom Divre V jalan Ketintang Surabaya.

DILO adalah Digital Inovation Lounge, yaitu wadah inovasi digital yang didirikan Telkom untuk mewadahi aktivitas digital kreatif. Lokasinya bersebelahan dengan Universitas Negeri Surabaya, tempat saya kemarin menyelesaikan studi pascasarjana Teknologi Pendidikan sejak 2013-2015. Baru saja November 2015 wisuda, April 2016 saya kembali ke Ketintang, ke Dilo, untuk belajar lagi. Rejekinya emang di Ketintang. InsyaAlloh job after Coding Mum ini juga diawali di Ketintang, amiin, *persiapan ;-)

Jadwal kursus seminggu 3 kali, mulai pukul 13.00 - 17.00. Sekali lagi, seperti dejavu, waktu kuliah pasca, saya masuk kelas jam segitu juga. Jadi, mengulangi lagi, bersepeda motor hampir 20 km, di siang bolong, panas terik plus macetnya jalanan Surabaya. Mantab. Tetep semangat. Migren nggak migren, tetep berangkat.

Coding Mum, adalah bagian dari Projek Bekraf untuk mencetak jutaan wirausahawan alias entrepreneur di Indonesia. Ibu rumah tangga, termasuk menjadi sasaran program. Dengan latar belakang, banyaknya ibu rumah tangga yang sebenarnya well-educated, namun karena sesuatu hal memilih untuk tinggal di rumah, menjadi full time housewife atau stay at home mom (SHAM). Jika ibu mempunyai waktu luang, 4-5 jam akan menjadi produktif jika bisa diisi menjadi pekerja part-time menjadi web designer atau front end programmer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x