Mohon tunggu...
Heni Riyani
Heni Riyani Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris dan Penulis Buku

Menulis dan membaca adalah sebuah keharusan agar manusia lebih literat dan bermartabat.

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Pilihan

Suasana di Kota Perwira

1 Mei 2022   22:52 Diperbarui: 1 Mei 2022   23:04 266 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tradisi. Sumber ilustrasi: UNSPLASH

Suasana di Kota Perwira
Oleh: Heni Riyani

Menikmati hari pertama di kampung halaman, terasa begitu kental suasana kekeluargaan. Amat berbeda saat tinggal di perumahan, yang selalu monoton dengan irama kerja   7 x 24 jam, di sini terasa lebih santai dan nyaman. Ingin rasanya cuti ini diperpanjang agar bisa lebih lama tinggal bareng keluarga besar di kampung. Agar lebih lama bercanda dan berkumpul dengan kawan lama dan sanak saudara.

Sejatinya, ada beberapa hal yang patut dilakukan agar acara kumpul keluarga terasa lebih membahagiakan. Pertama, sempatkan untuk makan bersama. Baik makan pagi, makan siang, maupun makan malam bersama anggota keluarga akan membuat kebahagiaan keluarga semakin terjalin.  Makan bersama pun bisa membuat komunikasi semakin tercipta dan terbuka. Dengan saling bercerita dan berbagi, makna bahagia akan semakin nyata.

Kedua, kurangi bermain gadget. Tak bisa diingkari, manusia zaman sekarang  tidak bisa berjauhan dengan gadget. Kecanggihan gadget bisa digunakan untuk berbagai kepentingan seperti urusan pekerjaan, bermain game atau hanya sekedar melihat-lihat sosial media. Bahkan kini banyak pemakai gadget yang addicted atau mengalami kecanduan. Bila terlalu fokus dengan gadget,  komunikasi antar anggota keluarga semakin menurun. Salah satu kunci kebahagiaan adalah menjalin komunikasi dan menghabiskan waktu bersama keluarga, tanpa diganggu kehadiran gadget, secanggih apa pun. Bila perlu, nonaktifkan gadget ketika di rumah dan lebih fokus pada kerjaan, apa pun!

Kota Perwira, 1 Mei 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan