Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... In Miles Second

Tinggal di kota Bandung | Tertarik dengan Sosial Humaniora

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Menguak Misteri Pencapaian Peningkatan Karir

21 Februari 2020   22:39 Diperbarui: 21 Februari 2020   22:37 42 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menguak Misteri Pencapaian Peningkatan Karir
ilustrasi: hubungan sinergi antara rekan kerja jandi kunci sukses capai peningkatan karir (pixabay.com)

Peningkatan karir menjadi tujuan dari sebagian besar setiap orang dalam bekerja. Hal tersebut dikarenakan peningkatan karir berkorelasi dengan peningkatan pendapatan. 

Peningkatan karir dapat dicapai dengan beragam cara, akan tetapi tercapainya peningkatan karir sesuai yang diinginkan adalah sebuah misteri. Dikatakan sebagai misteri dikarenakan untuk mencapainya kehendak dan kerja karas saja tidak cukup.

Namun, misteri janganlah dibiarkan tetap menjadi misteri, akan tetapi harus dikuak. Untuk memahami misteri karir kita harus dapat memahami struktur organisasi beserta kebijakan yang diterapkan dalam perusahaan tempat bekerja. 

Setiap perusahaan memiliki struktur organisasi dan kebijakan yang berbeda-beda sehingga dalam hal ini, pekerja harus mampu memahami secara mandiri baik melalui dokumen perusahaan ataupun observasi.

Setelah memahami struktur organisasi dan kebijakan, selanjutnya sebagai pekerja harus memiliki pemahaman tentang tujuan dari perusahaan tempat bekerja. 

Hal tersebut karena apa yang di dapat pekerja salah satunya berupa gaji merupakan hasil dari tercapainya tujuan perusahaan yang tercermin dari keuntungan yang diperoleh. Tanpa keuntungan kita sebagai pekerja tentu tidak akan mendapat apa-apa.

Setelah memahami hal-hal tersebut, selanjutnya pekerja harus mengetahui tugas yang diperintahkan serta rekan kerja yang terlibat dalam penyelesaian tugas tersebut. 

Pemahaman terhadap hal-hal tersebut akan memberikan kemampuan evaluasi sehingga pekerja dapat terus berkembang. Selanjutnya, pekerja harus memiliki pemahaman yang tepat tentang rekan kerja. Pandangan rekan kerja sebagai saingan adalah pandangan yang tidak tepat. Terlebih apabila persaingan cenderung tidak sehat. 

Hal tersebut akan berdampak pada turunya produktifitas. Hubungan yang seharusnya terjadi bukanlah persaingan akan tetapi sebuah sinergi. Hal tersebut karena tujuan perusahaan adalah satu, yaitu keuntungan.

Selanjutnya, akan saya pertegas bahwa kunci karir adalah pemahaman tentang tujuan perusahaan dan cara peningkatan pencapainnya. Selanjutnya, agar hal tersebut dapat terlaksana, maka sinergi hubungan antara rekan kerja adalah kunci dalam pelaksanaan tugas dan peran sebagai turunan proses dalam pencapaian tujuan perusahaan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x