Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... GO A HEAD

Bandung | Sarjana Hukum | Praktisi Hukum

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Ada Prima Tak Perlu Risau Sambut Era Less Cash Society

24 Juli 2019   08:10 Diperbarui: 24 Juli 2019   10:43 0 2 2 Mohon Tunggu...
Ada Prima Tak Perlu Risau Sambut Era Less Cash Society
Era Less Cash Society niscaya akan tiba dimana transaksi konvensional dengan uang fisik sebagai instrumen agar bergeser menjadi penggunaan instrumen uang berbasi kertas/ kartu/ elektronik - Ilustrasi diambil dari pixabay.com

Less Cash Society menjadi istilah untuk menjelaskan masyarakat yang telah menggunakan instrumen pembayaran non tunai untuk setiap transaksi yang dilakukan. Less Cash Society menjadi salah satu progam Bank Indonesia. Hal tersebut karena ada benefit yang akan Bank Indonesia berupa penurunan beban biaya pencetakan uang fisik apabila Less Cash Society memang dapat diterapkan.

Less Cash Society sebagai hal baru tentu tidak dipungkiri jika akan menghadapi penolakan. Hal tersebut bisa terjadi karena belum sesuainya ekspetasi dengan realita yang akan terjadi akibat belum lengkapnya informasi yang diperoleh seorang. Tentu kita akan menemukan seseorang yang anti untuk mempergunakan instrumen non tunai.

Perlu kita ketahui bersama bahwa transaksi non tunai sebenarnya memiliki benefit bagi penggunannya, diantaranya:

  1. Efisien, dikarenakan adanya kemudahan yang ditawarkan salah satunya adalah waktu transaksi yang lebih cepat dan praktis.
  2. Aman, dikarenakan seluruh transaksi kita tercatat secara elektronik serta untuk setiap transaksi kita dapat mempergunakan PIN (kata sandi) untuk membatasi penggunaan oleh orang lain.

Jika memang transaksi non tunai menawarkan benefit yang lebih baik dibanding unang tunai, maka sebaiknya kita mulau memahami instrumen transaksi non tunai untuk selanjutnya mulai dipergunakan. 

  1. Kartu Debit (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan salah satu instrumen non tunai yang berbentuk kartu. Kartu Debit dapat ditransaksikan melalui mesin ATM ataupun melalui EDC. Untuk transaksi melalui ATM, maka akan ditemukan fungsi-fungsi terdiri dari tarik tunai, transfer serta cek saldo. Adapula fitur tambahan pada beberapa mesin ATM adalah untuk pembayaran beragam tagihan (payment point). Untuk transaksi melalui EDC, fungsi yang ditawarkan pembayaran langsung kepada pedagang (merchant).
  2. Uang elektronik merupakan instrumen non tunai yang berbasis pada teknologi. Uang elektronik memiliki fungsi seperti halnya uang pada umumnya hanya saja terdapat perbedaan dimana tidak terdapat bentuk fisik. Uang elektronik berbentuk data elektronik yang hanya dapat ditampilkan melalui suatu aplikasi.

Benefit dari transaksi non tunai memang beraman, namun tetap selalu ingat bahwa kelemahan itu selalu ada. Salah satu kelemahan uang elektronik adalah adanya potensi gangguan sitem informasi yang berakibat tidak dapat dilakukannya transaksi ataupun tidak menutup kemungkinan hilangnya data-data elektronik yang otomatis uang kita hilang. 

Tetapi tidak perlu risau karena dengan kelebihan adanya pencatatan, maka setiap kehilangan data elektronik pasti bisa ditelusuri. Untuk mempermudah dalam penelurusan, maka selalu ingat untuk membuat back up catatan dari setiap transaksi yang dilakukan.

Jika sudah tau keunggulan, kelemahan serta antisipasinya seharunya kita sudah yakin untuk menyambut era less cash society. Namun, jika melihat kondisi Indonesia berupa jajaran pulau yang terbentang dari sabang merauke tentu akan timbul pertanyaan, apakah benar less cash society dapat diterapkan di Indonesia. 

Tentu jawabannya adalah siap. Kesiapan dalam menyambut less cash society didasarkan atas ketersedian sarana pendukung transaksi non tunai yang mulai terintegrasi. 

Jaringan prima sebagai perusahaan switching di Indonesia merupakan salah satu pihak yang berkontribusi dalam mengintegrasikan sarana pendukung transaksi non tunai. 

Adapun atas integrasi tersebut telah menawarkan kemudahan yang diperkenalkan sebagai EasyWayPrima. Apa saja kemudahan yang ditawarkan Prima, berikut uraiannya:

  1. Apabila terdapat logo Prima pada kartu Debit/ ATM serta mesin ATM, maka dimungkinkan dapat dilakukan transaksi meskipun terdapat perbedaan antara bank penyedia mesin ATM dan bank penyedia kartu Debit/ ATM;
  2. Apabila melakukan transaksi pada EDC berlogo prima, maka dipastikan kita akan terbebas dari biaya layanan. Sama halnya seperti mesin ATM dengan adanya logo prima pada mesin EDC memungkinkan transaksi dilakukan meskipun terdapat perbedaan penerbit kartu Debit/ ATM dan penyedia EDC;
  3. Prima juga menghadirkan fitur payment solution dimana dimungkinkan kita melakukan pembayaran tagihan dengan mitra-mitra yang bekerja sama dengan jaringan prima, seperti: pembayaran listrik, tagihan telepon, pembayran asuransi/ pinjaman dan lain sebagainya.

Atas paparan singkat di atas, besar harapan saya kita semua sudah tak risau lagi menyambut less cash society. Tanda-tanda dari less cash society salah satunya adalah kita tidak panik ketika tidak membawa uang tunai, karena kita yakin bahwa semua kebutuhan dapat dipenuhi secara non tunai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2