Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... GO A HEAD

Bandung | Sarjana Hukum | Praktisi Hukum

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Transaksi Ribet dan Solusi Bernama "Easy Way Prima"

2 Juli 2019   05:46 Diperbarui: 2 Juli 2019   06:01 0 12 4 Mohon Tunggu...
Transaksi Ribet dan Solusi Bernama "Easy Way Prima"
Jaringan Prima memang terbukti menawarkan solusi praktis yang disebut #EasyWayPrima (sumber: Pixabay.com)

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) memegang peranan penting dalam perekonomian, terlebih ekonomi mikro di Indonesia yang membutuhkan uang tunai dalam transaksinya. ATM menjadi alat bantu kegiatan ekonomi di masyarakat, penyediaan uang tunai ataupun pengiriman uang (transfer).

Mesin ATM adalah alat kegiatan ekonomi yang sangat membantu terutama untuk transaksi mikro di Indonesia yang mayoritas masih berbasis uang tunai #EasyWayPrima1 (sumberi: pixabay.com)
Mesin ATM adalah alat kegiatan ekonomi yang sangat membantu terutama untuk transaksi mikro di Indonesia yang mayoritas masih berbasis uang tunai #EasyWayPrima1 (sumberi: pixabay.com)
Saat ini, akses  ATM telah tersedia luas. Hampir di seluruh penjuru daerah  di tingkat kabupaten/ kota ataupun bahkan di tingkat kecamatan untuk daerah tertentu dapat ditemukan mesin ATM. Selain itu, akses terhadap mesin ATM pun semakin dimudahkan, dimana transaksi penarikan, transfer, ataupun cek saldo dapat dilakukan, meskipun penerbit kartu ATM berbeda dengan penyedia mesin ATM. Hal tersebut dimungkinkan  karena adanya perusahaan swicthing yang mengintegrasikan layanan mesin ATM antar berbagai penyedia.   

Jaringan Prima merupakan salah satu produk  perusahaan switching (PT Rintis Sejahtera)Jaringan Prima telah mengintegrasikan layanan ATM dari 79 mitra perbankan, terdiri dari: bank BUMN, bank Swasta nasional, bank Pembangunan Daerah serta Bank Syariah (untuk detailnya bisa klik tautan berikut: Mitra Prima. Tercatat jaringan prima memiliki 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia. 

Ketika kartu ATM yang kita miliki sudah ada logo Prima, maka  kita sudah tak perlu membawa uang tunai berlebih berpergian kemanapun ke berbagai daerah di Indonesia karena dapat dipastikan penarikan tunai, transfer dan cek saldo dapat dilakukan di jaringan Prima yang tersedia luas. Tidak ribet dan tidak perlu risau itulah hal yang ditawarkan #EasyWayPrima1

Transaksi dengan Kartu Debit Prima sangat mudah, praktis dengan jaringan yang relatif luas #EasyWayPrima2 (sumber: chanel youtube prima)
Transaksi dengan Kartu Debit Prima sangat mudah, praktis dengan jaringan yang relatif luas #EasyWayPrima2 (sumber: chanel youtube prima)
Selanjutnya, hadir Transaksi dengan mesin EDC sebagai  pengembangan dari transaksi dengan mesin ATM untuk kegiatan trasaksi jual beli (retail). Transaksi dengan mesin EDC sama halnya dengan transfer pada transaksi dengan mesin ATM hanya saja prosesnya semakin dipermudah dan praktis dimana hanya dengan menggesek kartu pada mesin EDC, dana telah beralih dari pihak pembeli  kepada pihak penjual (merchant). Transaksi dengan mesin EDC mengusung mekanisme transaksi non tunai yang memberikan benefit bagi kedua belah pihak baik bagi pembeli ataupun penjual. Adapun kelebihan bagi kita sebagai pembeli, diantaranya:
  • Tidak perlu repot membawa uang tunai berlebih serta dapat terhindar dari transaksi dengan uang palsu
  • Tidak perlu repot menunggu dan menghitung uang kembalian karena transaksi dapat dilakukan sampai satu angka
  • Tidak perlu repot mencatat transaksi untuk keperluan perencanaan keuangan karena semua data telah tercatat secara online

Transaksi dengan mesin EDC terbukti mempermudah kita. Ditambah lagi dengan integrasi yang dilakukan jaringan Prima memungkinkan kita melakukan transaksi meskipun penerbit kartu debit yang kita miliki berbeda dengan penyedia EDC sehingga kita tidak perlu risau lagi transaksi yang kita lakukan di tolak. Jaringan Prima telah terhubungan dengan 14 acquirer EDC yang terdiri dari: acquirer EDC Bank dengan 1.200.000 jaringan EDC di Indonesia. 

Jika pada saat bertransaksi menemukan mesin EDC yang berbeda dengan penerbit kartu, maka pastikan apakah EDC tersebut terdaftar jaringan Prima. Jangan ragu untuk tanyakan kepada merchant. Apabila jawaban "ya", maka transaksi kita dapat segera dilakukan dan perlu diketahui bahwa tidak ada biaya yang dikenakan. Hal tersebut karena berdasarkan kebijakan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) transaksi dengan mesin EDC itu gratis (free) bagi pembeli. Hal tersebut karena pembebanan transaksi diberikan kepada merchant. #EasyWayPrima2

Prima Payment Solution kemudahan pembayaran untuk beragam tagihan dari Asuransi, Pendidikan, E-Commerce ataupun Transportasi #EasyWayPrima3 (sumber: Pixabay.com)
Prima Payment Solution kemudahan pembayaran untuk beragam tagihan dari Asuransi, Pendidikan, E-Commerce ataupun Transportasi #EasyWayPrima3 (sumber: Pixabay.com)
ATM dan Kartu Debit sebagai alat bantu kegiatan ekonomi tidak dipungkiri memiliki keterbatasan perkembangan di Era digitalisasi, meskipun kehadirannya tidak dapat dikesampingkan juga karena tetap diperlukan masyarakat. Jaringan Prima pun sebagai produk perusahaan switching tidak hanya diam, tetapi mulai mengembangkan produk, Prima Payment Solutions. PRIMA Payment Solution merupakan salah satu produk Jaringan PRIMA yang menawarkan sistem pembayaran online bagi perusahaan yang ingin memberikan kemudahan layanan pembayaran bagi pelanggannya melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Teller, dan PPOB yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA 

Prima Payment Solution memungkinkan transaksi pembayaran, diantaranya: Asuransi, E-Commerce, Multifinance, Pendidikan, Internet, serta Transportasi dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Saat ini Jaringan Prima telah bekerjasama dengan 88 mitra biller, diantaranya: Go-Jek, Ovo, Tokopedia, Brawijaya, Citilink serta Kereta Api. Prima Payment Solution merupakan bentuk pengembangan dan kemudahan yang dihadirkan oleh Jaringan Prima. Tentu kita masih ingat apabila melakukan pembayaran beragam tagihan kita harus ke kantor penyedia layanan tersebut ataupun antri di teller bank. Namun, saat ini di rumah ataupun di tempat manapun kita berada pembayaran dapat dilakukan dengan  Prima Payment Solution baik melalui ATM, mobile banking ataupun internet banking. #EasyWayPrima3

EasyWayPrima tampaknya bukan sekedar slogan semata karena memang telah terdapat bukti-bukti bahwa transaksi yang dilakukan di jaringan prima memang memberikan kemudahan. Dimulai dari #PrimaWay1 kemudahan transaksi dengan mesin ATM, #PrimaWay2 kemudahan transaksi dengan mesin EDC serta #PrimaWay3 kemudahan transaksi melalui Prima Payment Solution.

Perlu diketahui bahwa EasyWayPrima merupakan produk yang inklusif dan bukan eklusif, artinya kita semua dari berbagai kalangan dan kelas sosial-ekonomi dapat mengaksesnya tanpa dibeda-bedakan. Jadi kita tidak perlu lagi kawatir akan kesulitan transaksi di jaringan Prima, karena hanya ada kemudahan di situ.