Mohon tunggu...
Henggar Budi Prasetyo
Henggar Budi Prasetyo Mohon Tunggu... Administrasi - Travelers

Bandung, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Pilihan Takjil yang Pas Tuk Batalkan Puasa Hari Pertama

17 Mei 2018   18:51 Diperbarui: 18 Mei 2018   13:34 825
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kemunculan warung dadakan adalah bagian dari hadirnya bulan ramadhan, tentu kehadirannya adalah untuk memudahkan kita mendapatkan tajil, terutama bagi yang aktifitas hariannya sangat padat. Dok.pribadi

Tiba saat akan berbuka, tentu salah satu hal yang akan terpikir adalah apa hidangan takjil  yang akan dijadikan hidangan untuk membatalkan puasa. Apalagi, hari ini adalah hari awal puasa, tentu ada keinginan untuk menyantap takjil yang berbeda dari pada makanan yang biasa disantap sehari-hari.

Selain pertimbangan rasa, perlu juga dipertimbangkan soal jenis makanan, jangan sampai makanan yang akan kita santap justru mempengaruhi kondisi pencernaan kita, tentu makanan pedas dan asam dapat dihindari dahulu untuk dijadikan takjil. Selain itu, dari segi porsi haruslah tidak berlebih karena bisa antara rasa lapar dan kapasitas lambung bisa jadi berbeda.

Hal tersebut pernah saya alami, dimana saya seakan merasa lapar dan terus menyantap makanan, baru kemudian terasa pencernaan saya bermasalah (terasa sebah). Tentu itu, akan menganggu aktifitas ibadah kita, seperti solat terawih. Atas pengalaman tersebut, tentu saya lebih selektif dalam menentukan menu takjil. 

Tentu yang saya akan pilih adalah menu yang sederhana, namun tetap nikmat. Kolak sudah tentu menjadi pilihan pertama, minuman manis dengan buah kolang-kaling serta pisang terasa sangat nikmat dibayangkan sebelum waktu berbuka. Namun, masak hanya itu?

Kerupuk mie yang dijajakan para pedagang dadakan di pinggir-pinggir jalan Sriwijaya Bandung, tampaknya telah memikat saya untuk menjadikan menu takjil menemani kolak yang kebetulan memang dijual oleh penjual yang sama dengan penjual kolak.

Saya rasa ini pas, perpaduan antara kolak dengan kerupuk untuk menu takjil, tidak akan membuat terlalu kenyang tetapi tetap nikmat. Tentu hal tersebut akan membantu pencernaan kita menyesuaikan diri di hari pertama puasa ini. Apakah anda juga sependapat dengan saya. Jika iya, syukurlah, jika tidak coba dulu hehehe. salam ...

Kerupuk Mie yang sangat nikmat bagi saya dipadukan dengan minuman kolah hehe, saya rasa besuk masih makan ini lagi hehe. Dok.pribadi
Kerupuk Mie yang sangat nikmat bagi saya dipadukan dengan minuman kolah hehe, saya rasa besuk masih makan ini lagi hehe. Dok.pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun