Henggar Prasetyo
Henggar Prasetyo Reviewer

1993, Alumni FH UNNES, bekerja di perusahaan energi, tertarik pada pengembangan kepribadian, twitter: Henggar_budi

Selanjutnya

Tutup

Iptek

Near Field Communication (NFC) Jamin Kecepatan dan Keamanan Transaksi Non-Tunai

29 Mei 2015   14:10 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:28 123 0 3

Semarang (29/05/2015) - NFC (Near Field Communication) merupakan salah teknologi nirkabel generasi terkini yang menawarkan kecepatan dan keamanan dalam proses pertukaran data. NFC memiliki sistem kerja melalui pertukaran Frekuensi Radio (RF) antara inisiator dan target. Inisiator secara aktif menghasilkan RF untuk dapat mengaktifkan target pasif. NFC memiliki jaminan keamanan dalam pertukaran data dikarenakan adanya proses identifikasi faktor-faktor dari device yang sifatnya personal, seperti: tag, stiker, key fobs ataupun chip pada kartu elektronik.

Di berbagai negara maju NFC telah diterapkan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi aktifitas keseharian, seperti: pembelian tiket, akses pintu masuk, dsb. NFC memiliki sejarah panjang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004 oleh vendor telepon seluler kenamaam, yaitu: nokia, philips, dan sony.

Di Indonesia NFC telah banyak dikenal oleh berbagai kalangan, akan tetapi ditingkat penerapan belum banyak perkembangan yang banyak dirasakan. Jika melihat kondisi antrean tiket kereta api, bus trans, ataupun berbagai transaksi pecahan kecil yang seringkali menjadi penghambat dari segi waktu. Kehadiran NFC dapat dipastikan akan menghadirkan kondisi baru berupa peningkatan efektifitas dan efisiensi dan tidak dilupakan adalah jaminan keamanan. Untuk itu mari kita tunggu hadir layanan NFC di Indonesia.