Mohon tunggu...
Hendry irwan
Hendry irwan Mohon Tunggu... Lainnya - Foto sendiri

Hendry mahasisiwa jurusan bahas inggris universitas borneo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Persatuan dalam Keragaman Budaya

20 September 2020   23:00 Diperbarui: 20 September 2020   23:13 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1.hidup adalah sebuah ekosistem, kita semua saling membutuhkan satu sama lain, oleh sebab itu diperlukan suatu interaksi antara satu sama lain, dengan Demikian akan tercipta suasana yang baik, terlebih lagi kita berada di indonesia, dimana penduduknya beraneka suku bangsa, oleh karena itulah saya selalu menjaga interaksi saya dengan teman-teman saya terutama sahabat dan saudara.

2.ketika saya SMP saya memiliki 6 orang sahabat, mereka memiliki peran masing-masing, ada yang periang,mudah tertawa,pembuat lelucon-lelucon lucu dan pendiam. Kejadian menarik yang saya alamai bersama mereka adalah kami selalu salah paham saat menggunakan bahasa daerah kami masing-masing. Terkadang ada beberapa bahasa salah satu sahabat saya yang menimbulkan gelak tawa kami semua, inilah yang membuat persahabatan kami menarik.

3.saya sangat menyadari bahwa saat itu saya bersahabat dengan teman-teman yang berbeda suku dan bangsa(multi budaya).

4.akan tetapi terkadang beberapa hal tentang keberagaman ini menimbulkan kesalahpahaman, misalnya penggunaan bahasa daerah saat sedang bersama teman suku lain, saya kurang setuju kalau bahasa daerah digunakan saat disekolah atau bahkan tempat umum lainnya, sebab hal ini akan menimbulkan persepsi berbeda pada teman yang berbeda suku, hal ini dapat menimbulkan perpecahan, bahkan berujung perkelahian.

5.tetapi, pembelajaran tentang ragam budaya indonesia itu penting untuk diajarkan sebab, hal ini akan menanamkan sikap toleransi dan cinta indonesia kepada siswa dan siswi di indonesia.

6.dilain sisi kita perlu juga menghargai teman berbeda suku caranya mudah, cukup pahami hal apa Saja yang merupakan hal yang tidak boleh dilakukan atau di sampaikan saat sedang berinteraksi dengan teman berbeda suku.

7. Dalam akademik kita perlu belajar banyak hal, salah satunya bahasa inggris, bahasa inggris bukan hanya bahasa asing, saya sangat setuju, kalau bahasa inggris ini digunakan dalam mengajarkan budaya kepada siswa dan siswi di indonesia.

8. Oleh sebab itu, guru dan tenaga pengajar, perlu memberikan pelajaran pendidikan budaya kepada siswa dan siswi, apabila ada siswa yang berselisih pendapat, sebaiknya guru memberi masukan yang dapat dipahami oleh siswa atau siswi tanpa menyinggung hati kedua belah pihak.

9. Perbedaan pendapat antar siswa ini memiliki bebrapa faktor, salah satunya hal-hal yang bersangkutan dengan sejarah dan nenek moyang beberapa suku.

10. Saran yang dapat saya agar persatuan dalam keragaman budaya tetap terjaga, adalah dengan saling memahami dan menjunjung tinggi sikap toleransi, hiduplah seperti ekosistem itu sendiri, sebab kamu adalah komponen ekosistem, kamu, saya dan kita semua harus saling menjaga dan melindungi persatuan dalam keragaman ini. Sekian terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun