Bisnis Pilihan

Cara Membuat Gaji Tidak Hanya Numpang Lewat

16 Mei 2018   15:39 Diperbarui: 16 Mei 2018   16:23 286 0 0

Hendri Sutandinata Maya Muncar - Bagi Anda yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap atau gaji, Anda tentu memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangan. Vara Anda dalam mengelola keuangan akan sangat berdampak pada kondisi keuangan serta kehidupan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki cara yang tepat, maka bisa dipastikan keuangan akan berjalan dengn baik dan lancar. Namun, jika ternyata Anda kerap mengalami masalah dalam keuangan, bisa saja hal seperti ini terjadi akibat buruknya cara mengelola gaji bulanan.

Menurut Hendri Sutandinata, pimpinan PT Maya Muncar, penting untuk memiliki aturan dan kebiasaan yang baik dalam mengelola gaji sejak awal. Karena hal ini akan sangat membantu Anda dalam membangfun keuangan menjadi lebih kuat dan stabil. Tidak perlu melakukan langkah yang luar biasa besar dan sulit dijalankan.

Karena hal seperti ini justru kerap menjadi rencana belaka yang tak pernah direalisasikan. Terapkan juga berbagai langkah mudah yang membuat Anda tetap nyaman, namun memberkan dapak yang cyjyp besar dalam perbaikan keuangan. Berikut ini ada beberpa cara membuat gaji tak hanya numpang lewat. Yakni :

Selalu Awali Dengan Rencana 

Anda yang memiliki gaji tetap akan lebih mudah dalam mengatur segala sesuatunya dengan terencana. Pastikan juga Anda selalu memulai pengelolaan keuangan dengan rencana yang tepat pada awal bulan sehingga semua kebutuhan terpenuhi dengan baik sepanjang bulan.

Pisahkan Dana Tabungan Dan Investasi 

Adalah dua komponen yang wajib diadakan dalam keuangan sehingga sangat penting untuk selalu memastikan bahwa kedua pos ini terisi dengan baik setiap bulannya. Hendri Sutandinata, pimpinan PT Maya Muncar mengatakan bahwa berapapun gaji Anda maka pastikan untuk menyisikan setidaknya 10 sampai 20% untuk tabungan dan investasi dala  keuangan.

Jangan lupa untuk memisahkan kedua dana ini dalam rekening khusus yang terpisah dari dana lainnya. Dengan begitu, dana tidak tercampur dan tidak terpakai untuk kebutuhan diluar rencana pengadaan keduanya.

Pola Hidup Sehat 

Bagi Anda yang selama ini terbiasa makan di luar, ada baiknya untuk sehera mengubah kebiasaan tersebut. Mulailah untuk membiasakan diri memasak dan menyiapkan makanan sendiri di rumah. Tujuannya adalah untuk menghemat banyak uang terutama jika Anda juga membawa bekal makan siang dari rumah.

Bukan hanya itu, Anda juga akan menjadi lebih sehat sebagai bonusnya. Karena bagaimanapun juga makanan yang disiapkan dan dimasak sendiri tentu lebih higienis dan terjamin.

Kebiasaan Kecil Yang hemat Banyak Uang 

Beberapa hal yang menyenangkan dan sering dilakukan bisa saja menguras banyak uang tanpa disadari. Sebut saja kebiasaan makan junk food dan membeli berbagai pernak-pernik yang seolah tidak pernah cukup untuk dikoleksi.

Hendri Sutandinata Maya Muncar mengatakan, cobalah untuk mengubah berbagai kebiasaan ini dan alihkan dana belanja tersebut ke akun tabungan Anda. Dijamin, dalam sebulan jumlah tabungan Anda akan bertambah cukup banyak.

Mengelola gaji menjadi pekerjaan yang sulit, terutama untuk melakukan perubahan di dalamnya. Hendri Sutandinata Maya Muncar mengatakan, agar tidak terasa berat maka cobalah untuk mengelola gaji Anda dengan cara yang menyenangkan dan mudah, namun tetap cerdas. Sehingga keuangan bisa lebih terencana dan gaji dikelola secara efektif setiap bulannya.