Mohon tunggu...
Hendri
Hendri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hendri
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Tingkatkan skill untuk masa depan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat dan Manusia

29 Desember 2021   15:51 Diperbarui: 29 Desember 2021   20:30 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Nama : Baiq astitik susanti
NIm : 2106060016

           Menurut yang pernah saya baca filsafat adalah ilmu yang sudah cukup berumur .kita dapat merujuk dari ahlinya ,dari masa kemasa menghasilkan persepsi berbeda namun dalam Medan maka  yang menjurus ke arah yang sama pencariannya .sedangkan menurut Aris toteles filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang meliputi logika ,fisika matefisika dan pengetahuan praktis .sedangkan menurut Plato filsafat adalah ilmu pengetahuannya an tentang hakekat .


          Jadi dari pengalaman saya dan yang pernah saya dengan diteman teman saya bahwa kebanyakan orang yang gila mempelajari ilmu  filsafat saat itu dia ngomong aneh sambil marah marah dia dikira kerasukan  ,semua teman teman hnaya bisa melihat dari jauh ,guru guru pun ikut prihatin kepadanya .singkat cerita dia dibawa ke rumah sakit ,awalnya dia iseng membaca buku tentang filsafat namunkarna tidak adanya guru yang membimbingnya dia tidak mampu menangkap ilmu ilmu yang terkandung dalam berfilsafat .


               Sejak saat itu saya takut untuk mencoba bahkan mendalami ilmu filsafat .saya beranggapan bahwa jikalau saya mempelajari ilmu filsafat saya akan gila karna tidak dapat memahami filsafat itu sendiri .sedikitpun saya tidak mampu mempelajarinya ,pas mansih MA pun rasa takut saya tidak berkurang sedikitpun .ketika saya menemukan buku tentang filsafat saya hanya bisa memegangnya dan tidak membukanya .bahkan untuk membacanya saya mansih ragu ragu ,setiap kali terlintas dalam pikiranku untuk mempelajarinya selalu terhabat oleh fikiran fikiran negatif yang turut memahami keinginan pengetahuanku .setiap MLM Ahad di pondok saya dulu memiliki program diskusi dan bermacam hal yang kami diskusikan yang dimana kami di bimbing olek kakak kakak tingkat kami .


             Mansing mansih kelompok sudah dibagi siapa siapa yang bertugas disana ,mulai dari itu ada orang yang berbicara tentang filsafat .saya selalu Engan menanggapinya meskipun setidaknya saya udah tau sedikit tentang filsafat itu seperti apa .tapi saya berusaha supaya tidak menyakiti hati teman teman saya itu dengan menjelaskan supaya tidak salah kaprah atau salah paham .sigkat cerita dan akhitnya saya mansuk dunia perkuliahan .
              Ketika saya masuk ke dunia perkuliahan barulah saya mengerti sedikit demi sedikit .bahwa filsafat itu tidak akan pernah jauh dari diri kita ,karna kenapa ??? Filsafat secara tidak langsung sudah ada dari kita kecil hingga saat ini .ketika ada sedang melihat gelas ,baju ,televisi dan benda benda di sekeliling kita pernah tidak dipikirkan ??? Teryata itu semua berasal dari pemikiran filsafat itu sendiri ,dalam sejarah pemikiran barat ,tidak kurang dari 20 abad lamanya para filsuf sudah memikirkan realitas maka seiring dengan isnad perkembangan ilmu .para filsuf juga berkata kita semua memiliki filosof yang mansih menjadi mesteri dan tugas pokok utama dari filsafat adalah untuk menyelidiki dari berbagai filosof itu sendiri secara kritis . Oleh karna itu ,secara tidak langsung kita sudah berfilsafat yaitu me gajukan pertayaan filosofis terlibat dalam perbincangan filosof dan memegag salah satu sudut pandang filosofis .

           Menurut yang pernah saya baca filsafat adalah ilmu yang sudah cukup berumur .kita dapat merujuk dari ahlinya ,dari masa kemasa menghasilkan persepsi berbeda namun dalam Medan maka  yang menjurus ke arah yang sama pencariannya .sedangkan menurut Aris toteles filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang meliputi logika ,fisika matefisika dan pengetahuan praktis .sedangkan menurut Plato filsafat adalah ilmu pengetahuannya an tentang hakekat .


          Jadi dari pengalaman saya dan yang pernah saya dengan diteman teman saya bahwa kebanyakan orang yang gila mempelajari ilmu  filsafat saat itu dia ngomong aneh sambil marah marah dia dikira kerasukan  ,semua teman teman hnaya bisa melihat dari jauh ,guru guru pun ikut prihatin kepadanya .singkat cerita dia dibawa ke rumah sakit ,awalnya dia iseng membaca buku tentang filsafat namunkarna tidak adanya guru yang membimbingnya dia tidak mampu menangkap ilmu ilmu yang terkandung dalam berfilsafat .


               Sejak saat itu saya takut untuk mencoba bahkan mendalami ilmu filsafat .saya beranggapan bahwa jikalau saya mempelajari ilmu filsafat saya akan gila karna tidak dapat memahami filsafat itu sendiri .sedikitpun saya tidak mampu mempelajarinya ,pas mansih MA pun rasa takut saya tidak berkurang sedikitpun .ketika saya menemukan buku tentang filsafat saya hanya bisa memegangnya dan tidak membukanya .bahkan untuk membacanya saya mansih ragu ragu ,setiap kali terlintas dalam pikiranku untuk mempelajarinya selalu terhabat oleh fikiran fikiran negatif yang turut memahami keinginan pengetahuanku .setiap MLM Ahad di pondok saya dulu memiliki program diskusi dan bermacam hal yang kami diskusikan yang dimana kami di bimbing olek kakak kakak tingkat kami .


             Mansing mansih kelompok sudah dibagi siapa siapa yang bertugas disana ,mulai dari itu ada orang yang berbicara tentang filsafat .saya selalu Engan menanggapinya meskipun setidaknya saya udah tau sedikit tentang filsafat itu seperti apa .tapi saya berusaha supaya tidak menyakiti hati teman teman saya itu dengan menjelaskan supaya tidak salah kaprah atau salah paham .sigkat cerita dan akhitnya saya mansuk dunia perkuliahan .
              Ketika saya masuk ke dunia perkuliahan barulah saya mengerti sedikit demi sedikit .bahwa filsafat itu tidak akan pernah jauh dari diri kita ,karna kenapa ??? Filsafat secara tidak langsung sudah ada dari kita kecil hingga saat ini .ketika ada sedang melihat gelas ,baju ,televisi dan benda benda di sekeliling kita pernah tidak dipikirkan ??? Teryata itu semua berasal dari pemikiran filsafat itu sendiri ,dalam sejarah pemikiran barat ,tidak kurang dari 20 abad lamanya para filsuf sudah memikirkan realitas maka seiring dengan isnad perkembangan ilmu .para filsuf juga berkata kita semua memiliki filosof yang mansih menjadi mesteri dan tugas pokok utama dari filsafat adalah untuk menyelidiki dari berbagai filosof itu sendiri secara kritis . Oleh karna itu ,secara tidak langsung kita sudah berfilsafat yaitu me gajukan pertayaan filosofis terlibat dalam perbincangan filosof dan memegag salah satu sudut pandang filosofis .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun