Mohon tunggu...
Hendra W Saputro
Hendra W Saputro Mohon Tunggu... Wiraswasta - Technopreneur dan Digital Marketer

Technopreneur, Digital Marketer, Website Hoster & Developer di https://www.boc.co.id. Blogger di www.hendra.ws. 💗 Alam & Sosial Kewirausahaan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Lumpuh Kaki, Tegap Hidup Mandiri

28 Juli 2019   14:45 Diperbarui: 29 Juli 2019   08:14 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
I Made Wahyu Diatmika (Foto pribadi)

Lumpuh di Kaki Berjalan Tegak Hidup Mandiri
Lumpuh di Kaki Lincah Hidup Mandiri
Lumpuh di Kaki Berani Hidup Dengan Hati 

Kakinya lumpuh sejak awal Sekolah Menengah Atas (SMA) di tahun 2003. Padahal dia terlahir normal hingga merasakan keanehan melemahnya daya otot kaki pada akhir SMP. Semenjak itu hingga sekarang, dia berjalan sambil/seperti duduk. Untuk bepergian jauh ia menggunakan kursi roda.

Dia kini berlabel manusia berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas. Bukan nya terkurung dengan keterbatasannya namun dia sudah piawai berbisnis (entrepreneur). Punya game center, toko komputer, beristri dan sudah punya 2 anak. Mrinding!

Saya terpana! Tak menyangka sama sekali. Kok bisa? Lanjut baca ya...

Dia bernama lengkap I Made Wahyu Diatmika dan saya panggil Wahyu. Di kampung Tabanan sana, dia dipanggil Dekwah. Doi sempat ragu dengan masa depannya. Sempat pula tidak terima dengan kelumpuhannya.

Berawal Dari Suka Komputer hingga Jadi Web Designer

Selesai tamat SMA, dia suka dengan komputer dan bermain game. Hingga suatu saat ada LSM PUSPADI memberinya kesempatan ikut Program Pelatihan Persiapan Keterampilan Kerja Bagi Penyandang Disabilitas. Salah satu silabus training nya adalah dunia blogging dan internet marketing.

Bali Blogger Community menugaskan saya dan teman sesama blogger, Gus Tulank namanya, memenuhi undangan dari PUSPADI untuk jadi pembicara internet marketing. Berlangsung di Gedung Annika Linden Centre Batubulan, 24 Januari 2013, peserta disabilitas ternyata dari Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

I Made Wahyu Diatmika ketika mengikuti pelatihan internet di Yayasan Puspadi Bali.
I Made Wahyu Diatmika ketika mengikuti pelatihan internet di Yayasan Puspadi Bali.
Di situlah saya bertemu dengan Wahyu. Pada akhir pelatihan, Wahyu tanya ke saya, "Pak, bolehkah saya magang di BOC?"

"Boleh, sekalian aja tidur di kantor BOC selama magang," jawab saya. Rumah Wahyu kan jauh di Tunjuk, Tabanan. Sedangkan kantor BOC ada di Denpasar Timur. Maka dari pada bolak-balik saya tawarkan kamar yang ada tempat tidur nya. Bukan hanya Google yang punya nap room, BOC pun punya hehehe.

Wahyu magang di kantor saya selama 3 bulan dan selanjutnya hampir 2 tahun kerja bersama saya di BOC Indonesia sebagai web designer. Selama itu pula tidur di kantor saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun