Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Blogger di www.sudutplambon.com, banyak membahas seputar dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cara yang Tepat untuk Menghadapi Aturan Aneh di Perusahaan

31 Januari 2023   18:28 Diperbarui: 1 Februari 2023   10:37 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Getty Images/iStockphoto/BartekSzewczyk

Aturan adalah pelengkap yang tidak dapat dilewatkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Aturan ditetapkan untuk mencegah masalah dan konflik yang disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh anggota. Namun, tak jarang juga banyak aturan yang sering tidak akurat atau mungkin bahkan terkesan aneh.Untuk mengatasi aturan perusahaan yang aneh, penting untuk terlebih dahulu memahami dan mengikuti aturan yang ada. Ini dapat membantu Anda untuk mengerti mengapa perusahaan membuat keputusan yang dibuat dan mengapa mereka berpikir bahwa aturan itu adalah yang terbaik.

Jika Anda merasa bahwa aturan yang dibuat kurang menguntungkan, Anda dapat mencoba untuk berdiskusi dengan manajemen atau pembuat kebijakan. Ini dapat membantu Anda untuk memberikan pandangan dan pendapat Anda tentang bagaimana aturan dapat diperbaiki.

Jika Anda merasa bahwa Anda memiliki solusi yang lebih baik untuk aturan perusahaan yang aneh, Anda dapat melakukan presentasi kepada pembuat kebijakan. Ini dapat membantu untuk membuat mereka menyadari bahwa ada cara lain untuk melihat masalah dan mungkin membuat mereka lebih terbuka untuk mempertimbangkan saran Anda.

 Cari pendapat dan masukan dari rekan kerja lain. Ketika mencari cara untuk mengatasi aturan perusahaan yang aneh, Anda juga dapat mencari opini dan masukan dari rekan kerja lain. Ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan perspektif yang berbeda dari masalah yang ada dan mungkin membantu untuk menemukan solusi yang lebih baik.

Dibawah ini adalah cara yang tepat untuk menghadapi aturan aneh di perusahaan.

1. Fokuskan pada tujuan dan arti dari aturan. Pendekatan ini memberi Anda kesempatan untuk berpikir jauh tentang tujuan aturan yang mungkin tidak Anda pahami dengan cepat. Aturan juga bisa memiliki arti berbeda untuk setiap orang berdasarkan konteks yang berbeda dan bagaimana masing-masing orang berinteraksi dengan mereka.

2. Jika Anda tidak mengerti aturan, bertanya kepada yang tepat. Sebelum Anda berasumsi, pastikan bahwa Anda sudah meminta penjelasan yang tepat dan akurat. Jangan ragu untuk mengirimkan email atau melakukan wawancara dengan tim legal untuk memahami alasan di balik aturan tersebut.

3. Pahami alasan dan tampilkan integritas. Selain mengetahui penjelasan detil dari aturan, juga penting untuk memahami alasan di balik itu. Ketika Anda menyadari alasan di balik aturan aneh tersebut, Anda akan dapat menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk menaati aturan.

4. Berdamai dengan aturan. Setelah Anda mengetahui tujuan aturan dan gejala di balik mereka, berdamai dengan aturan akan menjadi lebih mudah. Anda harus menerima bahwa aturan adalah sesuatu yang tak terhindarkan.

Kesimpulannya, tak semua aturan bisa kita suka atau pahami dengan mudah. Jadi, kunci dari menghadapi aturan aneh tersebut adalah dengan mengetahui performance dari aturan tersebut, hingga berdamai dengan aturan tersebut. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda dalam menghadapi aturan aneh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun