Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Seberapa Pentingnya "Support System" bagi Seorang Mahasiswa?

2 Desember 2022   08:12 Diperbarui: 8 Desember 2022   09:03 393
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mahasiswa berdiskusi | Pexels/Ivan Samkov 

Setiap manusia pasti mempunyai masalah di dalam kehidupannya yang harus dihadapi. Seiring banyaknya permasalahan dalam kehidupan, kehadiran support system begitu dibutuhkan. Kehadiran support system baik itu dari dunia nyata maupun dunia maya dirasa sangat penting.

Support system sendiri merupakan sistem dukungan sosial yang berasal dari orang lain yang kamu percaya sebagai tempat menyampaikan keluh kesah dan tempat mencari bimbingan.

support system menjadi kunci dari membangun hubungan yang solid dan kesehatan psikologis yang kuat. Mereka adalah orang terdekat yang kamu temui saat menghadapi permasalahan pribadi dan membutuhkan bantuan segera. Mereka adalah orang pertama yang kamu ingin ajak untuk menceritakan permasalahan yang sedang dihadapi.

Biasanya support system adalah keluarga dan teman-teman terdekatmu, yang selalu ada dikala kamu berada dalam masalah. Mereka akan senantiasa mendampingimu sampai kamu keluar dari masalah tersebut.

Kehadiran mereka akan sangat penting bagimu dalam memberikan kekuatan di saat-saat kamu berada pada titik terendah dalam kehidupan. 

Pentingnya support system karena kamu bisa menjaga hubungan baik dengan mereka agar kamu tidak merasa sendirian dikala sedang menghadapi permasalahan.

Hubungan yang dibangun adalah hubungan bersifat timbal balik yang mana apapun yang kamu dapatkan dari mereka perlu kamu balas meskipun tidak dengan sesuatu yang sama.

Bagi seorang mahasiswa, tentunya kamu sangat perlu membutuhkan support system dalam menjalani bangku perkuliahan. Pastinya, akan ada banyak problematika yang bakal kamu hadapi mulai dari masalah pribadi, masalah perkuliahan, tugas yang menumpuk, diputar dosen, mendapatkan nilai jelek dan lain sebagainya.

Biasanya, kita melihat ada mahasiswa yang tiba-tiba tak bernyawa mengakhiri hidupnya di kamar kos akibat permasalahan yang dihadapi terlalu berat dan tidak ada tempat untuk dia ceritakan agar bisa menemukan jalan keluar.

Maka dari itu, bagi mahasiswa support system begitu penting agar bisa meminimalisir stress yang kamu punya. Lalu, kira-kira seberapa pentingkah support system untuk mahasiswa selama masa perkuliahan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun