Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

5 Mindset yang Perlu Dibangun oleh Seorang Penulis Pemula

1 Desember 2022   17:39 Diperbarui: 4 Desember 2022   00:32 301
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://pixabay.com/

Kegiatan yang kita lakukan berulang-ulang sehingga secara otomatis terjadi merupakan apa yang kita kenal dengan mindset. Kebiasaan yang berulang tersebut membentuk pola pikir atau kebiasaan dalam berpikir.

Mindset seseorang akan membentuk pandangan mental dalam dirinya yang mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu fenomena.

Di dalam mindset, terdiri dari seperangkat asumsi, metode atau catatan yang dimiliki oleh individu atau kelompok yang tertanam dengan sangat kuat di dalam pikiran seseorang.

Seorang penulis sangat penting dalam membangun mindset yang positif di dalam pikirannya. Kenapa? Karena seorang penulis bukan semata hanya untuk meningkatkan kualitas dirinya semata demi eksistensinya.

Namun, ia harus memiliki nilai kebermanfaatan terhadap orang lain. Nilai tersebut yang membuat penulis membutuhkan dedikasi tinggi. Maka dari itu, kenapa mindset menjadi hal mendasar yang perlu dimiliki oleh seorang penulis?

Penulis yang memiliki mindset yang positif akan mengkombinasikan antara keyakinan dan keunikan yang terakumulasi dengan cara berfikirnya, sehingga menentukan sikap dan perilaku dalam menyelesaikan permasalahan dari fenomena-fenomena di sekitar ke dalam tulisan.

Hal tersebut terjadi berulang-ulang yang mana akan terakumulasi dengan berbagai informasi dan pengetahuan, sehingga membentuk pola keyakinan yang dimilikinya.

Dengan adanya mindet, penulis akan menjadikannya sebagai dasar dalam menjalani hidupnya sebagai seorang penulis dan menjadi metode kreatif dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ada.

Poin penting yang perlu kita ketahui dari seorang penulis adalah pekerjaan menulis bukanlah suatu pekerjaan yang sembarangan dilakukan, lantaran seorang penulis membutuhkan fondasi pemikiran yang kuat.

Inilah yang kita sebut sebagai mindset. Pola berfikir seorang penulis itulah yang akan mempengaruhi tulisannya dan akan masuk ke dalam unsur-unsur ekstrinsik cerita yaitu latar belakang penulis maupun alur tulisannya. Sikap dan perilaku penulis akan menjadi corak tulisan serta keberhasilannya dalam karir kepenulisan.

Maka dari itu, seorang penulis khususnya pemula perlu membangun mindset tersebut. Berikut mindset yang perlu dimiliki oleh seorang penulis pemula sejak dini, antara lain:

Tidak Berhenti Belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun