Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Bagaimana Caranya Menghadapi Dinamika di Dalam Dunia Organisasi Kampus?

30 November 2022   17:54 Diperbarui: 1 Desember 2022   09:58 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: istockphoto.com

Proses pembelajaran mahasiswa dalam peningkatan skill kepemimpinan dimulai dari dunia kampus yang mana biasanya mahasiswa akan tergabung ke dalam organisasi-organisasi tertentu, baik ogranisasi intra maupun organisasi ekstra kampus.

Proses di dalam organisasi itulah yang kelak membentuk jati diri mahasiswa dalam upaya melahirkan jiwa-jiwa kepemimpinan agar kelak bisa menjadi pemimpin di masa depan.

Berorganisasi selama masa perkuliahan merupakan sesuatu yang sangat penting dilakukan oleh mahasiswa lantaran dengan begitu kalian bisa belajar dan terbiasa dalam proses birokrasi ke depan serta bagaimana kalian bisa untuk mengembangkan potensi diri yang dimiliki.

Pada prinsipnya, mengikuti organisasi tidak ada ruginya bagi dirimu. Selain skill yang didapatkan, relasi juga mulai kamu bangun saat kamu berada di dunia organisasi. Kamu akan mengenal berbagai orang, baik dari mahasiswa biasa, para petinggi kampus hingga bisa mengenal para pejabat.

Namun, di dalam berorganisasi kamu bakal menemukan benturan-benturan yang bakal membuatmu kewalahan menghadapi hal tersebut. Pada tulisan kali ini, akan dibahas terkait bagaimana caranya kamu sebagai pemimpin organisasi menghadapi dinamika di dalam dunia organisasi.

  • Menghindari Intervensi Senior

Tak bisa dipungkiri intervensi senior dalam organisasi kemahasiswaan sering kali terjadi. Oknum-oknum tertentu akan berusaha memperalat organisasi untuk digunakan demi kepentingan mereka. Banyak sekali junior yang bakal diperalat oleh mereka untuk mencapai kepentingan mereka tersebut.

Hal tersebutlah yang sering kali membuat organisasi mahasiswa sering mandek. Lalu, bagaimana solusinya jika kamu merupakan pemimpin dalam organisasi tersebut? 

Sudah tentu kamu adalah orang yang bakal mendapatkan banyak intervensi dari senior karena keputusan tertinggi dari setiap keputusan ada di tanganmu.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu cukup mendengar masukan dari seniormu atau siapapun itu. Kamu tidak boleh bertindak dan menganggap bahwasannya semua masukan dari senior itu benar. 

Maka dari itu, kumpulkan semua saran dan masukan. Diskusikanlah bersama pengurusmu. Kamu juga harus konsisten dan memiliki pendirian yang teguh. Jangan sampai terguncang oleh hasutan senior!

  • Membangun Kepercayaan

Sebagai seorang pemimpin, sangat penting membangun kepercayaan terhadap orang lain dalam menjalani roda organisasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun