Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Terungkap! Ini dia Sosok Presiden Pilihan Jokowi

26 November 2022   22:38 Diperbarui: 2 Desember 2022   21:37 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.cnnindonesia.com

Kontestasi pilpres sudah dekat, sejumlah nama pengganti Presiden Jokowi mulai banyak bermunculan. Dari berbagai hasil survei, ada tiga nama yang selalu mendapatkan posisi teratas dan digadang-gadang bakal bertarung di pemilihan presiden 2024 mendatang. Mulai dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subiano hingga Anis Baswedan.

Ada banyak faktor yang menjadi pengharu dalam kemenangan pilpres di 2024 nanti, mulai dari figur calon presiden dan wakil presiden, para partai pengusung serta peranan berbagai tokoh. Dan dalam menentukan kemenangan pemilihan presiden peran dan pengharu Jokowi masih sangat besar dan bakal menjadi penentu untuk kemenangan pilpres di 2024.

Dalam berbagai pidatonya, Jokowi selalu menyampaikan terkait sosok yang bakal menggantikanya di 2024 nanti. Berbagai teka-teki dia sampaikan dengan cara serta gaya komunikasi politiknya yang khas. Berbagai pengamat politik terus berspekulasi, masyarakat terus menebak-nebak siapa sebenarnya sosok yang Jokowi idam-idamkan untuk menggantikanya.

Misalnya pada hut ke-8 partai, Perindo (7/11/2022) dalam pidatonya Jokowi mengatakan setelah dua kali dia memenangkan pemilu presiden pada 2014 dan 2019 maka setelah ini adalah jatah untuk Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra.

"Saya ini dua kali wali kota di Solo menang. Kemudian, ditarik ke Jakarta, Gubernur sekali menang. Kemudian, dua kali di pemilu presiden juga menang. Mohon maaf Pak Prabowo. Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," kata Jokowi.

Usai mendengar pernyataan tersebut, Prabowo yang hadir langsung berdiri dan memberi hormat. Suasana acara tersebut pun menjadi riuh. Begitu pula setelah kegiatan tersebut selesai media dan para pengamat politik mulai menduga-duga apakah Jokowi bakal mendukung Prabowo yang sempat menjadi rivalnya tersebut? Aaukah itu sekedar kalimat penyemangat bagi Prabowo untuk bertanding di pilpres 2024 nanti.

Bukan hanya kepada Prabowo, kode Jokowi untuk sosok presiden 2024 juga sempat dia singgung di depan ribuan relawannya di stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada sabtu (26/11/2022). Ada dua kata kunci dari sosok yang dia jelaskan yakni rambutnya putih dan muka berkerut, dia mengatakan sosok pemimpin yang memikirkan rakyat bisa dilihat dari penampilannya.

"Perlu saya sampaikan bahwa pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya," kata Jokowi dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno.

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada. Ada itu," kata Jokowi disambut riuh para relawan.

Lalu siapa kira-kira sosok yang dimaksudkan oleh Jokowi?

Sumber:https://www.detik.com
Sumber:https://www.detik.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun