Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Blogger di www.sudutplambon.com, banyak membahas seputar dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pentingnya Belajar Menjadi Pemimpin Sejak Dini Lewat Organisasi di Dunia Pendidikan

16 Juli 2022   05:09 Diperbarui: 17 Juli 2022   09:37 688
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pramuka Siaga| Dok wikipedia.org/commons/Pnyopoenya via Kompas.com

Pemimpin merupakan orang-orang pilihan yang dipercayakan oleh sekelompok orang untuk memimpin mereka dan membawa mereka menuju satu tujuan yang sama. 

Tanggung jawab seorang pemimpin biasanya lebih berat lantaran di pundaknya ada banyak tugas yang perlu dia jalankan agar tujuan yang diinginkan bersama bisa terwujud. 

Mungkin dari kita pernah menjadi pemimpin, misalnya dulu waktu sekolah menjadi ketua kelas, menjadi ketua kelompok atau bahkan menjadi pemimpin pada organisasi yang ada di tengah kehidupan masyarakat. 

Atraksi Pramuka Trinusa SMA Negeri 1 TNS, 17 Agustus 2018 (Sumber: Dokumen Pribadi)
Atraksi Pramuka Trinusa SMA Negeri 1 TNS, 17 Agustus 2018 (Sumber: Dokumen Pribadi)

Masing-masing punya cerita dan pandangan tersendiri mengenai pemimpin dan sudah tentu begitu juga dengan saya. Ada banyak sekali cerita-cerita mengenai pemimpin yang perlu saya bagikan pada tulisan kali ini agar bisa menjadi manfaat dan semangat buat rekan-rekan yang membacanya.

Sejak SD, saya beberapa kali di kelas dipercayakan oleh guru dan teman-teman untuk menjadi seorang ketua kelas. Tugas ketua kelas palingan memegang absen, mengambil buku di perpustakaan, membuat jadwal petugas harian dan mengontrol, memanggil guru dan tentunya menjaga keamanan serta ketertiban kelas. 

Walaupun jabatan sebagai ketua kelas itu dirasa sederhana, tapi sadar atau tidaknya proses itu telah membuat saya tumbuh perlahan-lahan dan belajar banyak hal untuk menjadi pemimpin yang baik. 

Masuk ke jenjang SMP, kita mulai dikenalkan dengan organisasi intra sekolah yang biasa disebut dengan OSIS. Ketika duduk di bangku kelas 7, saya mulai menjabat sebagai sekretaris 2 OSIS di SMP saya yaitu SMP Negeri 1 TNS. 

Pelantikan Pengurus Osis SMP Negeri 1 TNS Periode 2013/2014, (Sumber: Dokumen Pribadi)
Pelantikan Pengurus Osis SMP Negeri 1 TNS Periode 2013/2014, (Sumber: Dokumen Pribadi)
Di sini, saya mengakui awal di mana saya mulai belajar betul-betul mengenai kepemimpinan. Sosok yang banyak mempengaruhi saya untuk bisa menjadi pemimpin yang baik adalah ketua OSIS saya waktu itu, namanya kak Vian Toyang. Sosok yang cerdas, kritis dan juga rendah hati. Orangnya sangat disiplin dan bertanggung jawab. 

Pagi-pagi sebelum siswa-siswi masuk di kelas, beliaulah orang yang pertama ada di sekolah. Saya sebagai bawahannya sudah tentu malu jika pemimpin saja memberikan contoh yang baik maka kita sebagai bawahan harus meniru apa yang sudah dilakukan oleh pemimpin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun