Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Dilarang menayangkan ulang artikel baik seluruh maupun sebagian tanpa izin penulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mahasiswa Baru Wajib Tahu! 5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan di Dunia Perkuliahan

4 Juli 2022   18:55 Diperbarui: 4 Juli 2022   19:00 170 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber:https://pixabay.com/photos/college-student-library-man-books-3500990/

Dunia perkuliahan adalah dunia yang sangat jauh berbeda dengan dunia di sekolah. Kamu bakal mendapatkan berbagai hal baru yang belum pernah kamu rasakan pada saat sekolah. Jika kalian anak perantau, kalian pasti akan merasakan bagaimana rasanya pertama kali tinggal jauh dari keluarga. Beban serta tanggung jawab yang bakal kalian pikul di dunia perkuliahan sangatlah banyak. Oleh sebab itu, perlu kalian ketahui beberapa hal yang perlu kalian lakukan sebelum terjun di dunia perkuliahan.

  • Adaptasi

Adaptasi adalah suatu proses penyesuaian dengan lingkungan sekitar. Awal kuliah, kamu perlu menyesuaikan diri  dengan berbagai hal mulai dari proses pembelajaran, tempat tinggal serta budaya. Jika kamu adalah anak perantau maka kamu perlu mempelajari secara baik bagaimana budaya serta adat istiadat di tempat kamu berkuliah agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Kemudian, carilah tempat tinggal atau kosan yang aman, nyaman, dekat serta tentunya murah agar bisa disesuaikan dengan isi dompet kamu.  

  • Pelajari Lingkungan Kampus

Kamu perlu sekali mencari kenalan dengan kakak tingkat di kampusmu terutama mereka yang seprodi dengan kamu, agar kamu bisa bertanya-tanya terkait dengan serba-serbi di lingkungan tempat kamu belajar itu. Jangan sampai kamu mengabaikan masa orientasi karena di sana nantinya kamu dapat mengetahui lebih banyak dunia perkuliahan. Ikuti dengan serius agar dapat memahami peraturan, kebijakan, hingga budaya yang ada di kampusmu itu.

  • Belajar Menghemat

Jangan biasakan jajan berlebihan atau membeli barang-barang yang sebenarnya kamu tidak perlukan. Gunakan uang yang diberikan oleh orang tuamu sebaik mungkin. Agar memudahkan kamu mengatur keuangan, maka kamu bisa melakukannya dengan cara membuat daftar belanjaan. Barang-barang yang boleh dibeli adalah barang-barang kebutuhan kamu sehari-hari serta perlengkapan perkuliahanmu.

  • Mengatur Waktu

Hindari sistem kebut semalam dalam mengerjakan tugas. Usahakan agar waktumu bisa diatur sebaik mungkin karena di dunia kampus nanti akan banyak kegiatan yang perlu kamu lakukan. Jika kamu mendapatkan tugas maka usahakan tugas yang diberikan oleh dosenmu itu langsung dikerjakan agar tidak merepotkanmu. Silahkan buat jadwal dan atur skala prioritas apa saja kegiatan yang boleh dilakukan dan apa saja yang akan kamu lakukan setiap hari.

  • Bijak dalam Memilih Kegiatan

Ketika kamu masuk nantinya akan banyak sekali organisasi intra maupun ekstra kampus yang diperkenalkan oleh para senior untukmu. Jangan sampai kamu mengikuti lebih dari dua organisasi karena itu akan merepotkan kamu kelak. Lihat organisasi yang bisa memberikan dampak positif untukmu dan hindari organisasi yang terlalu banyak membuang waktu. Jika ingin memilih organisasi, kamu perlu melihat latar belakang dari organisasi tersebut dan juga para seniornya apakah mereka para mahasiswa berprestasi, mahasiswa abadi atau para mahasiswa penebar sensasi. Alangkah baiknya, kamu mengikuti organisasi yang bisa mengembangkan skill kamu. Ingat! Jangan asal pilih organisasi. Usahakan masuk organisasi yang sesuai dengan visi dan misimu serta organisasi yang bisa memberikan dampak positif untukmu.

Demikian beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Semoga apa yang dibagikan ini bisa bermanfaat. Tetap semangat dalam menjalankan studimu. Ingatlah selalu pengorbananmu hingga sampai di titik ini. Ingat selalu pengorbanan kedua orang tuamu. Tetap semangat, jangan menyerah hingga akhirnya bisa menyandang gelar sarjana!

Stop Plagiarisme! Stop Mencuri Konten Orang Lain! Dilarang keras mengambil, mencopy, mengubah dan menayangkan ulang artikel ini tanpa izin penulis!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan