Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Dilarang menayangkan ulang artikel baik seluruh maupun sebagian tanpa izin penulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Kehilangan Semangat Belajar Setelah Lama Liburan? Begini Cara Mengatasinya

8 Mei 2022   12:07 Diperbarui: 11 Mei 2022   23:53 355 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: istockphoto.com

Masuk Kuliah setelah selesai liburan sering kali membuat mahasiswa tidak semangat di hari-hari pertama berkuliah lantaran masih terbawa suasana liburan. Tugas kuliah menumpuk, laporan praktikum, konsultasi tugas dengan dosen serta berbagai tuntutan perkuliahan kembali menghantui hingga rasanya ingin terus-terusan liburan. Baru saja merasakan nikmatnya bermalas-malasan di kasur, kumpul bareng keluarga dan bertamasya ke destinasi wisata kini harus kembali berjibaku dengan dunia perkuliahan.

Suasana liburan yang begitu mengesankan membuat kita sebagai mahasiswa merasa begitu malas jika harus kembali berkuliah. Rasanya ingin berlama-lama menghilangkan segala beban di pikiran. Hal ini yang kemudian membuat kita merasa malas dan susah move on dengan suasana liburan.

Akibatnya, kita tidak produktif jika memulai sesuatu dengan bermalas-malasan. Rasa malas tersebut membuat kita tidak ada semangat dan pengen berlama-lama liburan. Padahal tugas dan tangung jawab kita sudah mengharuskan kita kembali belajar.

Nah, biar kamu tidak kehilangan semangat belajar saat pertama kali masuk kuliah setelah liburan maka saya punya tips dan trik agar kalian bisa kembali semangat belajar. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai selesai!

  • Buat To-Do List

Membuat to-do list sangat penting bagi kita sebagai mahasiswa apalagi di awal-awal masuk setelah liburan. Dengan membuat to-do list akan membuat pekerjaan kita lebih terorganisir. Sebelum berlibur, kebanyakan dosen memberikan tugas tambahan buat kalian kerjakan. Dengan membuat to-do list maka waktu yang kamu miliki bisa diatur dengan baik. Dengan begitu maka pelan-pelan kamu bisa menyelesaikan tugas yang belum sempat kamu selesaikan. Jangan sampai lantaran terburu-buru mengerjakan tugas membuat mood kamu berantakan. Jika ada tugas yang belum selesai, silahkan dimasukkan dalam to-do list tersebut. Cari waktu lalu segera selesaikan secepat mungkin.  Selain itu, dengan membuat to-do list maka bisa membantu kamu dalam menentukan skala prioritas yang akan kamu buat sehingga perkuliahan kamu bisa lebih teratur.

  • Tancap Gas Buat Belajar

Paling utama buat kamu lakukan adalah kembali fokus ke perkuliahan. Lupakan euforia berlebihan mengenai liburan karena masa tersebut sudah terlewatkan. Kamu bisa sedikit berbagi cerita tentang liburanmu kepada rekan-rekanmu di kelas setelah waktu istirahat tiba. Dengan saling berbagi cerita saat liburan akan membuat moodmu lebih baik, dengan begitu semangat belajarmu akan kembali bangkit dan kamu bisa tancap gas buat belajar dengan semangat berapi-api.

  • Dekati Teman yang Selalu Semangat

Hindari temanmu yang malas, dekati teman yang kelihatan rajin dan semangat. Sering-sering berdiskusi dengan rekanmu yang kelihatan semangat agar kamu lebih termotivasi. Teman-teman yang kerjanya masih bermalas-malasan setelah liburan dapat mempengaruhi kamu. Maka dari itu, menghindari mereka adalah cara yang tepat agar kamu tidak terpengaruh. Tingkatkan terus semangat belajarmu, jangan pernah kamu tergoda oleh kemalasan orang lain.

  • Lakukan aktivitas yang bisa menaikkan mood

Sambil belajar dan mengerjakan tugas, cobalah kamu lakukan hal-hal yang bisa menaikkan mood, misalnya dengan ngemil, minum kopi atau sambil dengar musik favorit kamu. Lakukanlah apa saja yang bisa membantumu menaikkan mood kamu buat belajar biar kamu bisa lebih semangat lagi.

  • Perbaiki Jam tidur

Saat liburan, waktu tidur kamu mungkin berantakan jika biasanya bangun jam 07:00 tetapi karena libur kamu biasanya bangun jam 10:00 atau malah kesiangan. Kebiasaan bangun kesiangan pada saat tidur akan terus terbawa. Maka dari itu, sehari atau dua hari sebelum masuk kuliah kamu bisa istirahat secukupnya untuk mengatur waktu tidurmu ke pengaturan awal agar kamu bisa kembali melakukan aktivitas sesuai waktu normalmu.

Demikian tips dan trik yang bisa saya bagikan, semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi kalian. Yuk, tetap semangat dan jangan pernah menyerah karena kesuksesan hanya akan datang bagi orang-orang yang mau mencarinya dengan sungguh-sungguh.

Sumber 1:Harbeng Masni "Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa" Jurnal Dikses dari http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya
Sumber 2:Annisa Afiananda Rizqi,Yusmansyah, Shinta Mayasari "The Factors That Influence Students’ Learning Motivation" Jurnal Diakses dari google cendekia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan