Mohon tunggu...
Hendra Kumpul
Hendra Kumpul Mohon Tunggu... Lainnya - Ro'eng Koe

Sedang Belajar Menulis ndakumpul@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Influencer, Tolong Buat Kami Optimis terhadap Covid-19

19 Mei 2020   10:57 Diperbarui: 19 Mei 2020   10:55 139 7 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Influencer, Tolong Buat Kami Optimis terhadap Covid-19
Para influencer di Indonesia. Starnage.com

Ceritakan atau Tayangkan Tentang Kesembuhan Pasien Covid-19

Kenapa e, banyak youtuber lebih senang prank yang ngga jelas...lebih senang meliput kehidupan artis...lebih doyan menayangkan konten ugal-ugalan tidak jelas..tapi banyak viewersnya..

Marah, kecewa bercampuraduk dalam kepala teman saya, sontak berhamburan keluar dalam kata-kata pedas seperti di atas. Beberapa kali dia mencaci maki. Ke sana-kemari menyerocoskan kata-kata f***k terhadap youtuber ngga jelas, menurutnya.

Khusus untuk Ferdian Paleka dan Indira Kalistha, masuklah dalam jeruji selama-lamanya..tegasnya

Teman saya yang satu ini dikenal sebagai orang yang alim, tak banyak nyorocos. Namun sekali nyerocos, ia akan terbang bersama mimpi dan   tenggelam dalam lautan emosi.

"Keluarkan semua unek-unekmu teman, lepaskanlah",
Kata saya mencoba menyemangatinya. 

Saya sependapat dengannya. Di Indonesia, banyak akun youtube para influencer tidak influence. Mereka terjebak dalam paradigma, "ingin tenar", "ingin dikenal semua orang".

Alhasil akun youtube mereka lebih banyak menayangkan realita yang bertentangan rutinitas sehari-hari, misalnya prank. Atau sekadar mengobrak-abrik nalar penonton dengan menayangkan konten di luar zona hidup atau aturan bersama. Indira Kalishta, misalnya. Dengan seenaknya, ia mengatakan bahwa ia selalu melanggar social distancing selama corona ini. Ia tidak patuh pada anjuran stay at home.

Untungnya pemerintah cepat menindak. Jika tidak, Ia bisa memengaruhi penonton akun youtubenya untuk melakukan hal yang sama.
Saya tidak bermaksud mencerca youtuber yang selama ini seriing melakukan prank atau kegiatan serupa lainnya. Saya mengagumi mereka. Bahkan mengeluk-elukan akun youtebe mereka ke teman-teman. Sebab, mereka kreatif dan ngakak.

Namun kemudian saya sadar, kok di massa covid-19 hampir tidak ada atau jarang youtuber atau para influencer lainnya menayangkan kisah-kisah pasien yang telah sembuh. Mewawancarai mereka atau ngobrol santai dengan mereka. Bagaimana kisah mereka sehingga disembuhkan? Bagaimana aksi heroik kaum medis menyelamatkan mereka? Bagaimana mereka berjuang hingga "tetes" terakhir alhasil tidak dead, misalnya.  

Yang kita butuhkan sekarang ialah influencer yang bisa mengangkat kisah heroik pasien yang telah sembuh agar kita semakin optimis (tubuh) kita dan para medis bisa melawan covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan