Mohon tunggu...
Hendra Jawanai
Hendra Jawanai Mohon Tunggu... Penulis - Sonya Ruri Graksa

Energi adalah rahasia gerak serta kehidupan di dalam setiap partikel kecil.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Hidroterapi: Rahasia Kebahagiaan dari Air

30 Maret 2023   13:18 Diperbarui: 6 April 2023   18:07 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi hidroterapi, foto oleh Yoann Boyer dari Unsplash

Hidroterapi bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang. Terapi air bisa membantu memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, hidroterapi juga bisa memberikan manfaat fisik seperti meningkatkan sirkulasi darah, meredakan nyeri, dan meningkatkan fleksibilitas.

Melakukan terapi air dengan rutin bisa membantu seseorang merasa lebih santai dan memicu rasa bahagia secara keseluruhan. Selain itu, hidroterapi juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari yang sederhana seperti mandi air hangat hingga terapi air yang lebih intensif seperti aquatic therapy

Baca juga:
Kesehatan Anda Berada di Tangan Anda Sendiri

Hidroterapi murah meriah

  • Mandi air hangat adalah cara untuk mencoba hidroterapi di rumah. Air hangat bisa membantu meredakan nyeri, mengurangi stres, dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda dapat menambahkan garam epsom (atau bahkan hanya garam krosok) atau minyak esensial ke air mandi untuk manfaat tambahan.

  • Shower atau mandi di bawah pancuran air dingin adalah cara lain untuk mencoba hidroterapi. Air dingin bisa membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki sirkulasi darah. Anda bisa mencoba shower dengan menyiramkan air dingin pada tubuh selama 30-60 detik, dan kemudian mengganti dengan air hangat untuk menciptakan efek kontras.

  • Berjalan di dalam air dangkal, baik di kolam renang atau di sungai, bisa memberikan manfaat hidroterapi. Berjalan di dalam air dangkal bisa membantu memperbaiki fleksibilitas dan kekuatan otot, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Jika Anda tidak bisa berenang, pastikan ada orang lain yang mendampingi demi keselamatan.

  • Bekam air adalah teknik hidroterapi dengan cara menempatkan botol berisi air panas, di atas kulit yang terkena nyeri atau ketegangan. Metode ini bisa dilakukan di rumah dengan mudah, cukup dengan memanaskan air yang dimasukkan ke dalam botol dan menempatkannya pada area yang membutuhkan perawatan.

  • Menggunakan kantong es atau kompres dingin lainnya adalah teknik hidroterapi yang bisa dilakukan di rumah. Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki sirkulasi darah pada area yang terkena nyeri atau cedera.

Dalam melakukan hidroterapi alternatif ini, pastikan untuk selalu memperhatikan keamanan dan kesehatan Anda. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau terapis fisik terlebih dahulu jika Anda memiliki kondisi medis yang memerlukan perawatan khusus.

Baca juga:
Cita-cita sebagai Motivasi Meraih Kebahagiaan

Air, Kesehatan, dan Kebahagiaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun