Mohon tunggu...
Hendra Hermawan
Hendra Hermawan Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Universitas Pendidikan Indonesia

Manajemen UPI 2018

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Jauhi Covid-19 dengan Edukasi Pemakaian Masker serta Cuci Tangan yang Benar pada Anak

24 Juli 2021   13:45 Diperbarui: 24 Juli 2021   13:59 17 1 0 Mohon Tunggu...

Semenjak awal tahun 2020, seluruh negeri di dunia hadapi pandemi akibat penyebaran virus Corona ataupun Covid- 19, tercantum Indonesia. Departemen Kesehatan menarangkan dalam postingan yang bertajuk" Tanya Jawab Corona virus Disease( COVID- 19)-- QnA Pembaharuan 6 Maret 2020" (https:// infeksiemerging. kemkes. go. id/ situasi- infeksi- emerging/ tanya- jawab- coronavirus- disease- covid- 19- qna- update- 6- maret- 2020).

Virus ini meluas dari manusia ke manusia lewat droplet( tetesan kecil) yang keluar dari hidung serta mulut kala lagi batuk ataupun bersin, sehingga kita butuh melaksanakan aksi penangkalan semacam melindungi jarak dengan orang lain, giat cuci tangan, melindungi kebersihan, mengenakan masker, serta yang terutama menjauhi kerumunan. 

Perihal ini pasti mempengaruhi pada aktivitas di bidang pembelajaran. Seluruh pelajar terpaksa wajib belajar dari rumah serta aktivitas yang mengaitkan banyak orang di sekolah ataupun universitas juga ditiadakan. Kemudian gimana dengan mahasiswa yang telah mengontrak KKN? Apa yang wajib dicoba mahasiswa dalam kondisi semacam ini? Dari mari lah LPPM UPI mengadakan KKN Tematik bertemakan penangkalan serta penanggulangan akibat Covid- 19 di bidang pembelajaran serta ekonomi pada waktu menyesuaikan diri kerutinan baru, yang mana KKN ini dicoba secara daring ataupun jarak jauh.

Dengan demikian, diharapkan mahasiswa bisa berkontribusi serta melaksanakan dedikasi kepada sekolah dalam keadaan dikala ini. Disini, aku membuat program berbagi masker serta memberitahu gimana metode memakai masker yang benar kepada kanak- kanak serta pula orangtua. Mengenakan masker hidung dapat jadi metode yang lumayan jitu buat melindungi diri. 

Masker hidung pula dapat menolong menghindari penularan bakteri pemicu penyakit, paling utama di tengah pandemi Covid- 19 dikala ini. Sayangnya, masih banyak orang yang galat dikala memakai masker ini. Jadi, gimana metode mengenakan masker yang benar?

Berikut panduan metode mengenakan masker yang benar:

  • Yakinkan kalau ukuran masker cocok dengan wajah Kamu, tidak kebesaran ataupun kekecilan.
  • Senantiasa mencuci tangan dengan sabun ataupun memakai hand sanitizer saat sebelum memegang masker serta memasangnya.
  • Cari sisi luar masker. Bila masker Kamu mempunyai 2 warna berbeda (biasanya hijau serta putih), sisi luar masker merupakan yang bercorak hijau. Jadi, sisi putihlah yang melekat langsung dengan kulit Kamu, sebaliknya susunan hijau menghadap ke luar.
  • Tentukan sisi atas masker, umumnya diisyarati dengan terdapatnya garis kawat hidung.
  • Buat masker yang memakai tali: posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, kemudian ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun- ubun. Sehabis masker telah dapat menggantung, tarik masker ke dasar buat dapat menutup mulut sampai dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk ataupun balik leher Kamu.
  • Buat masker karet: Kamu cuma butuh mengaitkan tali karet di balik kuping.
  • Sesudah masker melekat nyaman di wajah, cubit bagian kawatnya buat menjajaki lekuk hidung Kamu supaya masker lebih tertutup rapat.
  • Panjangkan lipatan- lipatan masker kebawah buat menutup seluruh bagian yang wajib ditutup ialah hidung, mulut, sampai dagu.
  • Sesudah masker terpasang dengan benar, hindarkan meraba masker terlebih saat sebelum cuci tangan. Masker yang telah digunakan cuma boleh digunakan sekali pakai. Apalagi, sebagian sumber melaporkan kalau masker ini cuma efisien digunakan sepanjang 3- 4 jam konsumsi ataupun maksimal 1 hari.

Teknik Cuci Tangan yang Benar :

  • Basahi kedua tangan kalian dari telapak tangan hingga pertengahan lengan dengan air bersih yang mengalir (hangat ataupun dingin).
  • Tuangkan sabun seperlunya serta oleskan ke kedua tangan kalian sampai menutupi segala permukaan tangan.
  • Sikat kedua telapak serta punggung tangan kalian secara bergantian. Jangan lupa gosok pula jari- jari tangan serta sela- sela jari hingga bersih. Kemudian, bilas pula bagian dasar kuku. Bilas kedua ibu jari tangan dengan trik menggenggam serta memutar ibu jari secara bergantian.
  • Sikat tangan paling tidak selama 20 detik.
  • Bilas tangan dengan baik di dasar air bersih yang mengalir.
  • Keringkan tangan dengan memakai handuk bersih ataupun di dasar hand dryer.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN