Mohon tunggu...
hendra
hendra Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa S2 PPKn Universitas Negeri Padang

goresan tulisan, lukisan sejarah !!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Permasalahan Sepak Bola Indonesia Cuma Satu: Semuanya!

3 Mei 2021   13:29 Diperbarui: 11 Oktober 2022   12:34 3665 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi: Suporter timnas U-19 Indonesia memberikan dukungan saat pertandingan melawan timnas U-19 Iran di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI via kompas.com) 

Liga Indonesia adalah salah satu liga yang penuh misteri. Konon, kapan liga ini dimulai dan finish hanya Allah, PSSI serta operator liga yang mengetahui. 

Ya, sepak bola Indonesia saban musim selalu diliputi ketidakpastian akan keberlanjutannya. Tanya saja Pak Iwan Bule, sang ketum PSSI yang bahkan belum tau kapan akan dilaksanakan meskipun sudah direncanakan. 

Musim ini direncanakan akan start pada medio oktober 2020 lalu. Namun karena izin keramaian dari kepolisian tidak keluar, liga pun belum jelas kapan dimulai. Bagaimana mungkin mantan liga nomor satu se-ASEAN bisa susah di tebak?

Seribu alasan PSSI pun sering dikumandangkan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya untuk membuat masyarakat pencinta sepakbola tanah air khawatir dan menimbulkan pertanyaan besar: seserius apa sepakbola di kelola di tanah air? Atau yang paling pas: apa permasalahan sebenarnya dalam sepak bola Indonesia?

Permasalahan sepak bola kita memang kompleks. Di satu aspek saja kita bakal temui bejibun masalah yang besar. Dalam hal penyelenggaraan kompetisi saja selalu mengalami masalah yang sama setiap tahun "kapan liga bergulir? Kapan? Kapan?"

Ini belum ditambah dengan persoalan lain menyangkut kompetisi: jadwal yang bentrok dengan agenda internasional, jadwal yang sering molor maupun persoalan izin yang runyam meski ketum PSSI sebenarnya adalah orang dalam POLRI.

Nyatanya permasalahan Indonesia tidak sesederhana yang dibayangkan. Jangan-jangan persoalan sebenarnya ada pada tataran penyelenggara. 

Saya yakin, jangan-jangan stakeholder diatas sana juga bingung bagaimana mereka mengelola kompetisi yang paling digandrungi oleh masyarakat gila bola di Indonesia. 

Kita yang katanya pernah jadi macan Asia sekarang bahkan sudah dilangkahi oleh Filipina, tim yang kita ayam-ayami dua dekade lalu tiga belas enol. Emang apa sih yang terjadi sebenarnya?

Mengapa Sepak bola Indonesia susah berkembang?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan