Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Freelancer - Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ucapan Selamat Lebaran dalam Bahasa Daerah, Memperkuat Rasa Cinta Nusantara

3 Mei 2022   18:30 Diperbarui: 3 Mei 2022   18:31 833 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Beragam ucapan selamat Idul Fitri dalam bahasa Nusantara (foto: shutterstock; diolah pribadi)

Ada banyak contoh dan ucapan terkirim lewat pesan WA kala momen Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022 tiba. Ada yang hanya berupa teks semata sebagai balasan. Ada yang memberikannya dalam bentuk gif (gambar gerak singkat), foto, atau video ringkas.

Ucapan-ucapan tadi hampir seratus persen mempergunakan Bahasa Indonesia. Bahasa pemersatu bangsa. Kalaupun ada yang mempergunakan bahasa daerah, hanya segelintir orang. Maklumlah, Bahasa Ibu terpinggirkan. Padahal 'budaya Timur' justru lebih bisa merasakan makna yang lebih mendalam ketimbang bahasa persatuan itu.

 

Belajar Ragam Bahasa Nusantara 

Ada yang punya grup WA yang terdiri dari banyak suku? Saya punya, walaupun mayoritas tetap suku Jawa. Justru anggota yang luar pulau, malah terkadang menyentil dengan memberikan balasan dalam Bahasa Jawa.

Nah, dalam momen-momen tertentu semacam hari raya ini, pemberian ucapan selamat merayakan Idul Fitri, selamat berlebaran dalam bahasa daerah masing-masing, sebenarnya malah lebih mengasyikkan. Bisa belajar kekayaan khas bahasa daerah masing-masing.

Tapi tentunya, salam dalam bahasa daerah itu perlu juga ditambahkan terjemahan versi bahasa Indonesianya. Biar sama-sama paham maksudnya.

Di pulau Jawa sendiri, ada dua suku terbesar yang tinggal di dalamnya. Suku Jawa dengan berbagai variannya dan suku Sunda juga dengan ragamnya. Dalam bahasa paling simpel, sederhana, kalimat ringkas untuk ucapan "Selamat Idul Fitri" di tanah Jawa, ungkapan kalimat ini bisa dipakai.

1. Jawa

Biasanya memakai kata "Sugeng riadi (ari adi)" sebagai kalimat utamanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan