Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Freelancer - Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Disebut "Trihari" Suci Paskah, tapi Mengapa Jumlahnya Jadi Empat Hari?

15 April 2022   18:00 Diperbarui: 15 April 2022   18:01 228 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Trihari Suci dalam rangkaian Pekan Paskah (gambar: dreamstime.com)

Tiga hari ini, umat kristiani pada umumya punya gawe besar dalam tradisi imannya. Paling jamak diketahui adalah hari libur Jumat Agungseperti hari ini. Walaupun tak masuk dalam kalender, hari Minggunya nanti ada perayaan Paskah.

Melongok linimasa Twitter yang lagi trending 2 harian ini, saya menemukan tagar (tanda pagar) yang berkaitan dengan Perayaan Hari Besar Kristiani (PHBK) itu. Kemarin adalah adalah "Kamis Putih", dan hari ini adalah "Jumat Agung".

Ada apa dengan Kamis Putih sehingga Twitter menuliskan keterangan "Sedang tren dalam topik Indonesia"? Sedangkan yang untuk Jumat Agung, keterangannya adalah "Hanya di Twitter -- Populer".

Tangkapan layar (dok. pribadi)
Tangkapan layar (dok. pribadi)

 

Bagi yang bukan umat (pemeluk agama) yang mengimaninya, bisa jadi ini akan menjadikannya sebuah pertanyaan. Tulisan ringkas ini semoga bisa memberikan sedikit penjelasan. Tak apa saling belajar bersama. Sebab makin kenal, tentu akan makin sayang, hehe... seperti kata pepatah saja :)

Ya, dalam tradisi gerejawi umat kristiani, hari-hari selama Kamis hingga Minggu lusa adalah rangkaian hari suci yang punya makna yang agung. Momen yang diperingati saat ini adalah kisah penebusan dosa umat manusia. Penggenapan akan janji dan nubuatan yang telah berlangsung ribuan tahun lamanya. Keselamatan sebagai anugerah Tuhan telah dinyatakan.

Trihari Suci

Nah, peristiwa-peristiwa monumental nan suci yang berlangsung sejak Kamis hingga Minggu itu, dalam istilah gerejawi  disebut dengan "Trihari Suci", Gereja merayakan 'misteri' karya keselamatan (penebusan dosa) yang dilakukan oleh Yesus Kristus.

Secara berurutan, Trihari Suci ini ini adalah demikian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan