Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Freelancer - Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari Pilihan

Di Tempat Wisata ataupun di Rumah, Tetaplah Jaga Lingkungan

24 Februari 2022   17:00 Diperbarui: 22 Maret 2022   18:03 184 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengumuman unik di bak sampah (foto via brilio.net)

Saat berada di lingkungan komunitas pecinta alam (PA), kita bisa belajar dari mereka. Bagaimana kecintaan mereka pada lingkungan, pada bumi tempatnya berpijak.

Salah dua kisah ini saya dapatkan dari mereka. Pertama ,saat ada kemah di salah satu bumi perkemahan di Mojokerto, Jawa Timur. Malam hari sebelumnya diadakan api unggun.

Nah, siangnya, waktu berkemas-kemas, salah seorang dari anggota PA yang mengawal, membuat sebuah lubang. Titiknya berada di sekitaran bekas bakaran api unggun tadi.  Nantinya, sisa-sisa potongan kayu dan abunya akan dimasukkan ke sana.

Salah seorang peserta kemah, sepertinya juga mengamati sepatu yang dikenakan anggota PA. Terlihat cukup bagus yang dikenakan. Ya, model sepatu pendakian atau apalah istilahnya. Lalu dengan kakinya, tumbukan abu dan kayu bekas api unggun tadi diratakan ke dalam lubang pembuangan dan ditutup kembali dengan tanah.

"Mas, eman (sayang) sepatunya kotor."

Jawabannya sederhana saja. "Ah tak apa-apa. Sepatu kotor masih bisa dibersihkan. Daripadanya buminya yang kotor (rusak)."

Ya, ya, ya... cukup menarik pembelajaran singkat dan sederhana ini. Tak usah pakai teori yang macam-macam. Cukup dengan aksi nyata yang bisa dilihat.

Quote Abadi

Pelajaran lain didapat dari gunung juga. Ada kata-kata yang sakral yang wajib dihafal dan dipatuhi para anggota PA. Di manapun tempat yang dituju. Quote-nya demikian.

  1. Take nothing but picture (jangan mengambil apapun kecuali gambar).
  2. Leave nothing but foot print (jangan meninggalkan apapun kecuali tapak kaki atau jejak).
  3. Kill nothing but time (jangan membunuh apapun kecuali waktu).

Tiga aturan dasar ini berguna untuk melatih kepekaan dan menjaga kebersihan lingkungan. Juga untuk menghindari aksi negatif dari tangan-tangan jahil yang merusak alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan