Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Bersepeda, Andil Gerakan Cinta Lingkungan

6 Juni 2021   17:00 Diperbarui: 6 Juni 2021   17:04 104 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersepeda, Andil Gerakan Cinta Lingkungan
Foto: dok. pribadi

Pada 3 Juni lalu, sejak tahun 2018, diperingati sebagai Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day. Masih amat belia, jadi amat wajar kalau tidak mengetahui. Meskipun pada masa pandemi ini, pengguna sepeda atau komunitasnya juga makin bertambah banyak.

Tahun 2021 ini, tema  yang diusung adalah "Keunikan, keserbagunaan, dan umur panjang sepeda sebagai moda transportasi yang sederhana, berkelanjutan, ekonomis, dan andal."

Dua hari sesudahnya, 5 Juni, umat manusia di planet bumi juga punya momen penting berupa peringatan Hari Limgkungan Hidup Sedunia.

Nah, antara bersepeda dan lingkungan tentu punya kaitan yang erat. Bersepeda memiliki manfaat kesehatan bagi semua kelompok umur. Bersepeda juga menjadi moda transportasi yang ramah lingkungan. Ia tidak menimbulkan polusi suara dan pencemaran udara.

Alasan Spesifik

Menurut PBB, Hari Sepeda Sedunia diperingati untuk tujuan:

1. Peningkatan penggunaan sepeda berarti emisi gas rumah kaca yang lebih rendah.

Bersepeda berkontribusi pada mitigasi emisi karbon dioksida karena memiliki nilai nol-emisi intrinsik.

2. Bersepeda mengarah ke kehidupan yang lebih sehat.

Bersepeda mengarah pada peningkatan kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, dan fleksibilitas. Ini meningkatkan mobilitas sendi dan membantu mengurangi tingkat stres.

3. Bersepeda menghemat uang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x