Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Breaking News: Gempa Jam Dua Siang Ini

10 April 2021   17:10 Diperbarui: 10 April 2021   17:16 196 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Breaking News: Gempa Jam Dua Siang Ini
Tangkapan layar info gempa dari BMKG

Seumur-umur, baru kali ini tinggal di Surabaya merasakan gempa. Lumayan juga jika melihat durasi waktunya. Walaupun tadi tak menghitung angka pasti berapa detik itu terjadi. Mungkin 1-2 menit, kurang lebihnya.

Terasanya ada dua kali. Mulai dari intensitas rendah ke tinggi terus berangsur normal kembali. Kejadiannya persis pkl. 14.00 WIB. Jam 2  siang. Lebih 15 detik kalau menurut info BMKG.

Mulanya tak sadar, ketika duduk di kursi sembari membaca pesan-pesan yang masuk di grup WA. Tapi tetiba kok kursi dan meja terasa bergetar dan bergoyang-goyang sendiri. “Lho... jangan-jangan ini gempa!”

Spontan saja, beranjak ke luar rumah, sembari bertanya ke beberapa grup WA yang ada. “Apakah ada gempa di Surabaya?”

Langsung saja berhamburan ragam komentar yang datang menyambut. “Iya, benar. Di tempat kerja saya kacanya bergetar. Saya lagi mengetik, terasa juga goyangannya. “

Macam-macam aktivitas yang sedang dijalani, tapi semua ikut merasakan dampaknya. “Saya kira vertigo saya kambuh. Darah rendahmu itu kumat.”

Ternyata benar-benar ada gempa. Bukan karena kondisi tubuhnya mengalami gejala yang di luar kebiasaan.

Kabar dari grup WA
Kabar dari grup WA
Pada grup WA yang anggotanya terdiri dari banyak kota tempat tinggal, ternyata turut merasakan juga akibatnya. Dari Malang, Mojokerto, Bojonegoro, Lumajang, Kediri, Tulungagung, hingga kabar yang datang dari daerah Jawa Tengah dan Bali, pun senada. Mengabarkan bahwa mereka pun turut merasakan gempa bermagnitudo  6,7 pada kedalaman 25 km dari pusat gempa di daerah laut selatan Malang (8,95 LS, 112.48 BT).

Kalau mau membandingkan, gempa yang terjadi Sabtu, 10 April 2021 siang ini, belum sebanyak dan sebesar yang terjadi sekitar 3-4 tahun lalu (maaf kalau salah ingat), ketika saya masih banyak beraktivitas di daerah Tulungagung. Rumah baru yang kokoh saja bisa bergoyang. Tentu pusat kedalaman gempa yang entah itu di daerah Jogja atau Malang, yang berada di kawasan laut selatan Jawa, posisinya lebih dekat dengan Surabaya, yang berada di kawasan pantai utara.

Di Surabaya, gunung berapi tidak ada atau jauh. Terakhir, hanya pernah kena limpahan letusan abu Gunung Kelud, Kediri pada 13 Februari 2014 silam. Di daerah ini juga tidak ada jalur patahan gempa. Adanya di kawasan pantai selatan Jawa. Jadi, sebenarnya secara teoritis lebih aman terhadap terjadinya gempa.

Kabar dari grup WA
Kabar dari grup WA
Selang setelah itu, tak sampai sampai 30 menit, beragam informasi lain turut berdatangan. Mengabarkan lokasi pusat gempa dan info singkat dari BMKG. Juga berita dan foto pengunjung mall di Surabaya yang berlarian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x