Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Mendapatkan Ide Menulis

27 Maret 2021   16:45 Diperbarui: 27 Maret 2021   16:54 121 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mendapatkan Ide Menulis
Sumber: pixabay.com

Tulisan sambung-menyambung. Menjadi satu. Itulah Indonesia. Walaupun terpisahkan lautan, tapi penghuni daratan tetap punya ikatan.

Hehe, cerita apa lagi ini?

Saya tak pernah berpikir untuk bisa membuat tulisan yang saling terkait. Tidak pernah ada bayangan di bulan Maret ini bisa membuat banyak tulisan. Tidak punya stok naskah.

Begitulah praktik menurut "Teori Menulis". Sebaik atau sebanyak apapun ilmu atau teori yang bisa diserap,  tetapi jika tidak dipakai untuk berlatih menulis, maka  ilmu tadi juga sia-sia.

Lebih banyak menulis, itu juga melatih kemampuan untuk bisa menuangkan gagasan-gagasan baru. Jadi sebenarnya gagasan tadi juga karena faktor menulis sebelumnya.  Gagasan alias ide 'tak 'kan pernah kering atau habis.

Misalnya yang saya lakukan. Ketika tidak ada topik tulisan yang berasal dari ide sendiri, maka lihat saja topik apa yang sedang ramai dibicarakan. Maka itu saja yang dipergunakan dalam membuat sebuah tulisan baru.

Memang ada kalanya, kalau tak pernah bersentuhan langsung dengan topik tersebut, akan sulit untuk menuliskannya. Kecuali kalau memang itu untuk tugas teknis ilmiah. Mau tak mau, harus tetap melakukan pencarian data untuk bisa menyusun tulisan yang sesuai tugas tadi.

***

Pengalaman sendiri, baik itu yang pernah didengar, dilihat, atau dirasa,  akan berguna untuk menuangkan gagasan-gagasan ke dalam bentuk tulisan.

Seperti tatkala saya menuliskan tentang "Catur". Awalnya hanya bermula dari referensi sumber luar, yang kemudian diramu dan akhirnya menjadi tulisan baru.  Tulisan ini ending, berakhir justru menyorot pada isu di luar inti cerita utama. Merujuk pada sosok nama pecatur bernama Chelsie Monica.

Kisahnya ditayangkan pada 23 Maret 2021, bisa dibaca KLIK DI SINI 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN