Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Membuat Tulisan dengan Judul "Judulan"

23 Februari 2021   17:10 Diperbarui: 23 Februari 2021   17:41 41 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membuat Tulisan dengan Judul "Judulan"
Sumber: pixabay.com

Bisa membuat tulisan panjang tapi bingung kala membuat judul? Ibarat juru masak, bisa membuat menu makanan enak. Terus kemudian ditanya, "Ini masakan apa?"

"Hmm, apa ya...? Belum tahu, belum ada ide. Bingung memberi namanya."

Nah, terus masakan tadi kalau mau dipamerkan, dihidangkan, atau dijual tapi tak ada namanya, apa bisa laku?

Memang bisa saja dinikmati sendiri, tapi sayang jika sudah susah-susah meracik, tapi tak bisa menghidangkannya kepada penikmat masakan. Tak ada yang mengapresiasi.

Sia-sia? Ya, kalau tetap tak bisa memberi nama. Tidak, jika sudah diberi nama, meskipun itu asal jadi.

Nama apapun dari masakan itu, apakah nanti bisa membuat orang tertarik untuk mencicipi atau sekadar melihat-lihat saja, urusan kesekian. Terpenting adalah, masakan yang sudah dibuat dan siap disajikan tadi sudah punya nama baru; brand, nama dagang.

Persis seperti itu juga ketika orang menulis. Kadang keasyikan membuat tulisan, begitu selesai, bingung, "Ini judulnya apa yang tepat?"

Mau seperti ini, tapi tujuannya begini. Mau seperti itu, tapi arahnya tak sepenuhnya ke situ. Mau ke sana, bisa juga, tapi tak sreg (sesuai kata hati).

Tulisan sebelum ini "Sudah 21 Hari Berganti, Trending (Lagi) Hari Ini, Ada Apa Anya?"adalah salah satu dari sekian ratus tulisan yang pernah dipublikasikan, yang mengalami "masa kebingungan membuat judul".

Biasanya malah tulisan belum ada draft-nya, tapi judul sudah didapatkan. Lancar-lancar saja, tanpa banyak hambatan setelah itu, haha.... Tulisan kelar, cek-ricek lagi, langsung siap tayang.

Teori Mudah Praktik Belum Tentu Demikian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x