Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan

Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Media

Dapat Hadiah dari KOMPAS? Maulah, Ya!

15 Maret 2018   21:00 Diperbarui: 15 Maret 2018   21:07 558 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dapat Hadiah dari KOMPAS? Maulah, Ya!
Pena Kompas. Foto: dok.pribadi

Dapat hadiah? Tak perlu ditanya, setiap orang pasti ingin. Entah itu berasal dari kuis, promo atau hadiah langsung (dengan persyaratan tertentu). Entah itu nilainya jika dirupiahkan sedikit atau banyak, tak jadi soal. Yang terpenting adalah dapat hadiah. Rasanya senang, bahagia, surprise...

Dapat hadiah karena memenangkan tantangan semacam lomba, kompetisi, dan acara yang sejenis lainnya? Itu malah lebih gregetrasanya. Sebab, hadiah yang berupa penghargaan itu, kadarnya lebih tinggi dari sekadar undian. Ada nilai prestisedan prestasinya lebih tinggi ketimbang yang bersifat untung-untungan tadi. Hadiah karena faktor luckyalias keberuntungan tidak ada apa-apanya. Masih kalah dengan kebanggaan karena memenangkan sebuah kesempatan 'bertarung' karena kualitas karya.

Penghargaan Kompas

Awal Maret lalu, lewat akun email saya, memberitahukan kalau Kompasianaakan memberikan rewardskepada para penulisnya (Kompasianer).Tak tanggung-tanggung, monetisasi tulisan. Ya, gampangannya, seperti para youtuberyang bisa dapat uang dari google adsenseitu.

"Wow... ini menarik dan pasti akan dapat sambaran kilat dari para penulis (aktif) yang punya banyak penggemar."

Tentu saja, kabar bahagia itu pasti akan dirasa bahagia oleh mereka. Bagaimana tidak, kalau tulisan setiap kali tayang, bisa langsung mendapat respon pembaca hingga ratusan orang. Tinggal mengalikan berapa jam saja sudah mencapai ribuan. Gampang banget, kan?

Seperti yang ditulis oleh admin Kompasiana (sumber), syarat mendapatkan monetisasi adalah:

  • Kompasianer yang akan mendapatkan K-rewards, hanya yang mampu meraih minimal 5.000 total views dari seluruh artikel yang telah ditayangkan (artikel lama maupun artikel baru) pada periode yang sudah ditentukan.
  • Misalnya, artikel yang Anda tayangkan di hari, bulan atau tahun sebelumnya dan mendapatkan views ketika program ini berlangsung juga dapat dikonversi menjadi rupiah. TIdak harus artikel baru. Tetapi ingat, yang kami hitung adalah views yang didapatkan sepanjang periode program berlangsung.

Tawaran menarik

Jujur harus diakui, nama besar KOMPAS grup bisa jadi jaminan kebanggaan para pecintanya. Betapapun minim hadiah atau tidak ada sama sekali, tak menyurutkan pembaca berita atau netizen untuk berpartisipasi dalam program yang dibuatnya. Dan, rubrik Kompasiana ini adalah salah satunya.

Masih dalam sumber yang sama ditulis demikian. "Apa yang Anda dapatkan ketika menulis di Kompasiana? Pertanyaan ini kerap kali hinggap di benak Kompasianer ketika menulis dan berinteraksi ataupun sebelum memutuskan untuk bergabung di Kompasiana. Sebagai pengelola, kami pun mendapatkan pertanyaan serupa saat hendak mengajak orang untuk bergabung dan berinteraksi."

Benar bahwa menulis di Kompasianaitu, kita hanya mendapat "ruang aktualisasi diri gratis" selain bonus "pertemanan". Sebaliknya, kalau mau dapat fee,honor, atau royalti atas karya kita di media, ya... jangan ngisi Kompasiana.Tapi mengirim karya di media yang lain, yang memang jelas menyediakan imbalan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x