Mohon tunggu...
Hendita katarina
Hendita katarina Mohon Tunggu...

mahasiswa unitomo fakultas ilmu komunikasi jurusan Humas

Selanjutnya

Tutup

Media

Perkembangan Media di Era Digital yang Maju

25 April 2013   01:39 Diperbarui: 24 Juni 2015   14:39 0 0 1 Mohon Tunggu...

Teknologi digital dimasa kini semakin canggih ini membuat perubahan besar terhadap dunia, lahirnya berbagai macamteknologi digitalyang semakin maju telah banyak

bermunculan. Berbagai kalangan telah mudah dalam mengakses suatu informasi melalui banyak cara, serta dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas dan terkendali. Tetapi semakin berkembangnya teknologi justru semakin banyaknya kejahatan yang terdeteksi. Maka dari itu segala sesuatunya harus memiliki perlindunganhak ciptadan mengontrol anak-anak dan remaja khususnya. Begitu banyakgame onlineyang menyebabkan kerusakan mental anak saat ini,pornografidan pelanggaran hak cipta pun banyak dilanggar.

Meskipun telah ada manfaat besar untuk masyarakat dari revolusi digital, terutama dalam hal aksesibilitas informasi ada sejumlah kekhawatiran. Komunikasi dan berbagi informasi, meningkatkan kemampuan untuk teknologi yang sudah ada, dan munculnya teknologi baru membawa dengan itu banyak peluang potensial untuk eksploitasi. Revolusi digital membantu mengantar era barupengawasan massal, menghasilkan berbagai barusipildanhak asasi manusiaisu. Keandalan data menjapada masalah karena informasi dengan mudah dapat direplikasi, namun tidak mudah diverifikasi. Revolusi digital memungkinkan untuk menyimpan dan melacak fakta, artikel, statistik, serta minutia tidak layak sampai sekarang. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang begitu pesat pada saat ini mau tidak mau, tentu akan membuka cakrawala pemikiran kita bahwa di jagad maya terdapat beraneka macam jenis informasi atau sumber belajar yang tidak terbatas jumlahnya. Tentu kita semua akan setuju jika dikatakan bahwa kita harus memanfaatkan beraneka ragam informasi yang tersebar di jagad maya tersebut sebagai sumber belajar setelah melalui seleksi yang didasarkan kepada kebutuhan pembelajaran, pertimbangan moral, agama dan lain, dan lain-lain. Revolusi digital memang membawa kemudahan untuk masa depan, dengan tetap mempertimbangkan hak asasi dan pertimbangan moral Contohnya seperti :

Dalam perkembangan Diera digital ini banyak dari mereka yang menggunakan jasa internet untuk mengembangkan bisnisnya.

Masyarakat, khususnya konsumen di Indonesia sudah banyak yang melek digital. Paling mudah, hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan pengguna sosial media masyarakat yang semakin meningkat. Masyarakat semakin lekat dengansmartphoneatau perangkat mobile lainnya yang terkoneksi dengan internet. Kapanpun mereka dapat membagi informasi, keluhan bahkan cemoohankepada suatu hal. Tak terkecuali terhadap suatu produk maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Tantangan bukan? memiliki sosial media dapat menjadi salah satuchanneluntuk mendengarkancustomer.  Padahal dari sosial media, perusahaan dapat memperoleh informasi keinginan konsumen. Dan sebenarnya perusahaan dapat memperoleh oportuniti lagi dngan mendengarcustomer. . Namun, ke depan, Indonesia akan menghadapi hadapi tantangansharing(berbagi) melalui sosial media. Lewat itu, perusahaan dapat mengertilifestyle, perilaku, kebiasaan dan mengenalcustomer,dampak peningkatan peningkatan pengeluaran untuk strategi digital.  Banyak perusahaan yang menilai investasi digital itun penting. Hampir 2/3 responden berencana meningkatkan pengeluaran untuk strategi digital,  tapi lebih dari setengahnya belum mengukur dampak yang dihasilkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x