Mohon tunggu...
Hendi Supriatna
Hendi Supriatna Mohon Tunggu... Pegiat Dakwah

Bebas berpendapat sebebas-bebasnya. Email : hendisupriatna4@gmail.com Twitter : @hendisupriatn10 Instagram : @hendisupriatna07

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Islam Moderat, Aktualisasi Peradaban!

24 Agustus 2019   11:17 Diperbarui: 24 Agustus 2019   11:23 78 2 0 Mohon Tunggu...
Islam Moderat, Aktualisasi Peradaban!
Halaman Facebook Islam Moderat

Sebagai manusia sudah barang pasti bahwa tuhan telah memberikan kelebihan yang diberikan kepada manusia. Oleh karena itu,  manusia merupakan ciptaan tuhan yang mampu berfikir melalui pemikiran yang  sistematis, spekulatif, menyeluruh, dan mendasar.

Ketika manusia diberikan semua itu apakah hal semua itu dimanpaat sebagaimana mestinya karena dengan apa yang telah diberikan tuhan manusia mampu  melakukan apapun terhadap setiap apa yang dikehendakinya. 

Sehingga manusia merupakan ciptaan tuhan yang sebaagus-bagus  dan sesempurnannya. Maka setiap kesempurnaaan manusia apakah dipakai sebaik mungkin sesuai kadarnya apa yang menjadi tugasnya.

Manusia adalah mahluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah Swt kepada muka bumi ini untuk menjadi pemimpin. Ketika  menjadi pemimpin manusia telah punya pada hakikatnya wahana manifestasi apa yang menjadi dirinya sendiri. 

Maka peradaban manusia adalah segala bentuk yang menjadi potensi yang dimiliki oleh manusia itu sendiri untuk peradaban manusia. Itu semua adalah kelebihan yang dimilki oleh manusia untuk menjaga peradaban manusia itu sendiri.

Peradaban manusia hal yang sederhana adalah kegiatan menulis. Maka aktivitas menulis adalah sebuah budaya yang dimana budaya menulis telah lama berkembang dari yunani kuno sampai  sekarang. Sebenarnya, peradaban dimulai dari lanngkah hal yang kecil yaitu kegiatan tulis menulis. 

Dikenalnya bangsa yunani sebagai peradaban mula manusia didunia ini diketahui dari  jejak-jejak tulis menulis para cendikiawannya. Demikian pula dengan peradaban bangsa Mesir, Babilonia, Cina, hingga Romawi diakui sebagai kawasan peradaban dunia dilihat dari hasi-hasil tulisan para pemikir dan ilmuannya.  

Pada intinya adalah kegiatan menulis adalah sebuah peradaban manusia untuk makin maju dan berkembang sebuah peradaban tersebut. Maka menulis dan peradaban pada dasarnya adalah saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kegiatan menulis merupakan upaya untuk kesadaran peradaban par excellent.

Maka kegiatan menulis secara tidak langsung kita telah memberikan sumbangsih terhadap peradaban umat manusia terutama peradaban islam. Maka kegiatan menulis atau budaya menulis sangat penting bagi kemajuan sebuah peradaban untuk terus menulis secara terus menerus demi sebuah perubahan sosial. Budaya menulis merupakan suatu bentuk kegiatan memberikan ide gagasan untuk peradaban manusia.

Gerakan islam moderat harus dilakukan dengan salah satunya yaitu kegiatan menulis bagaimana untuk menjujung tinnggi nilai-nilai toleransi yang ada dimasyarakat dengan aktivitas kegiatan tulis menulis.

Dengan menulis kita akan bebas menulis  untuk hidup selamanya dalam sebuah perdamaian dan keharmonisan. Maka pesantren yang menjadi lumbung peradaban harus diubah menjadi bagaimana kegiatan pesantren bukan hanya mereka menjadi konsumen saja dalam setiap pemikiran coba mereka lebih dikembangkan lagi dalam kegiatan tulis menulis untuk sebuah peradaban. 

Maka pesantren disini akan menjadi titik sentral dimana aktivitas menulis dipesantren sebagai penggerak masyarakat untuk ikut andil dalam memberikan ide gagasannya melalui aktivitas menulis.

Sekarang adalah zamannya millennial dimana mereka bukannya hanya sebagai konsumen dalam segi pemikiran melainkan sebagai produsen atas pemikirannnya mereka sendiri. 

Para generasi millennials harus berdiri dikaki sendiri dalam  sebuah peradaban sekarang peradaban kita banyak terurbanisasi oleh budaya barat dan timur sehingga kita menjadi pengekor peradaban.

Jati diri manusia sudah jauh lagi mereka udah terurbanisasi oleh budaya dan jati diri orang lain sehingga kita berdiri dikaki orang lain. Maka sebuah perubahan itu harus kita rubah bagaimana pola pikir sampai tingkah laku.

Cara ciri manusia dan cara ciri bangsa ini hal yang penting untuk kita telaah lebih mendalam bagaimana ciri manusia dan cara ciri bangsa indonesia. Kemudian cara ciri bangsa ini kemudian bagaimana kita mengenal ciri khas dan budaya kita sendiri. Pada hari semuanya berubah mereka tidak lagi mengetahui bagaiamana cara ciri manusia dan cara ciri bangsa kita sendiri. 

Ini semua kita harus  tulis bagaimana kemudian cara ciri manusia dan cara  ciri bangsa ini melekat dalam jati dari bangsa indonesia. Maka dari budaya menulis harus mempunyai karakter seperti itu bahwa cara ciri manusia dan cara ciri bangsa ini harus kita jujung nilai-nilai yang terkandung dalam hal seperti itu. 

Kalau pemikiran seperti itu kita laksanakan maka tidak mungkin bahwa bangsa indoneisa mengenal bagaimana jati diri mereka sebenarnya.

Nilai-nilai positip yang terkandung dalam sebuah peradaban harus kita tulis dalam tinta yang abadi. Dalam sebuah kebenaran itu harus kita sama-sama kita perjuangkan dalam sebuah perjuangan. 

Maka nilai yang terkandung dalam perdaban memiliki peranan yang sangat penting untuk menjadi sebuah nilai bangsa indonesia sendiri. Semua yang dimiliki manusia seperti, hati, jiwa, pikiran, telinga, kaki, tangan berpotensi melengkapi perdaban yang akan kita kunjungi, tau bahkan yang lebih penting adalah menumbuhkan peradaban baru. 

Salah satu misalnya adalah bagaimana hati dan sikap kita dalam dibenturkan dalam sebuah peradaban yang berbeda maka itu  semua tidak mengenal bagaimana jati diri mereka sendiri.

Dan ketika dalam menentukan sebuah peradaban apakah mereka menetukan secara bijak melalui penalaran dan rasio mereka. Maka dipandang perlu  bagaimana menemukan perdaban baru ini dalam jatidiri mereka sendiri agar merka bisa berdiri dikaki mereka sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x