Mohon tunggu...
Hendi Setiawan
Hendi Setiawan Mohon Tunggu... Penulis - Kompasianer

Senior citizen. Pengalaman kerja di bidang transmigrasi, HPH, modal ventura, logistik, sistem manajemen kualitas, TQC, AMS, sistem manajemen lingkungan dan K3, general affair, procurement, security. Beruntung pernah mengunjungi sebagian besar provinsi di Indonesia dan beberapa negara asing. Gemar membaca dan menulis. Menyukai sepakbola dan bulutangkis. Masih menjalin silaturahmi dengan teman2 sekolah masa SD sampai Perguruan Tinggi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Produk Halal Penting Sekali Bagi Saya

17 Oktober 2017   14:47 Diperbarui: 17 Oktober 2017   15:24 677
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pentingkah produk halal bagi saya dan keluarga? Sangat penting baik itu berupa makanan maupun produk lainnya seperti sepatu dan tas. Sebagai umat Islam dan sebagai kepala keluarga saya sangat memperhatikan produk halal bagi saya dan keluarga.

Produk Makanan Impor

Makanan halal adalah perhatian utama, karena berkaitan dengan perut, jangan sampai tercerna menjadi darah dan daging kita.

Wanti-wanti memperingatkan keluarga agar memperhatikan ada atau tidaknya cap halal dari institusi terpercaya, pada kemasan produk makanan tersebut. Hindari produk makanan instant buatan Korea,Thailand, Jepang, Vietnam dan China. Bukan anti pada negara-negara tersebut tapi makanan impor dari salah satu atau salah dua negara tersebut saya temukan di supermarket tidak ada label halalnya.

Untuk produk makanan dalam kemasan buatan Indonesia, Malaysia dan Singapura umumnya aman, berlabel halal dari majelis agama Islam setempat.

Bagaimana sikap kita memilih makanan ketika berada di negeri non Muslim? Satu kata, hati-hati. Cari info di mana restoran Muslim, bila tak ada pilih menu ikan dan sayur saja, relatif aman dari sisi kehalalan.

Pesan Makanan Sebelum Terbang

Salah satu aturan entah tertulis entah konvensi saja, dalam penerbangan international biasanya perusahaan penerbangan menyediakan pilihan makanan halal yang dapat dipesan sebelum terbang.

Berikut ini pengalaman mendapatkan makanan halal dalam sebuah penerbangan:

Saya lupa tepatnya tahun berapa, mungkin tahun 2000. Ketika pulang dinas dari Thai Fuji Xerox, teman saya orang Thailand bilang di kantor  "Saya sudah reconfirm tiket Hendi pulang ke Jakarta, juga pesan makanan halal untuk kamu".  " Terima kasih", kata saya.

Dalam penerbangan dari Don Muang ke Changi sebelum terbang lagi ke Cengkareng, saat membagi makanan Pramugara Singapore Airlines hallo-hallo ke penumpang, "Siapa yang bernama Mr. Hendi Setiawan?". "Saya", teriak saya. "Ini makanan halal yang anda pesan", kata Pramugara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun