Mohon tunggu...
Hendi PutraPerdana
Hendi PutraPerdana Mohon Tunggu... Mahasiswa - pemula

pemula

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penggunaan Bahasa pada Generasi Milenial

20 Oktober 2021   11:05 Diperbarui: 20 Oktober 2021   11:07 41 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


Tahukah anda, bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bagi masyarakat Indonesia.

Di era millenial ini, penyalahgunaan bahasa dengan cara mencampur bahasa Indonesia dengan bahasa asing, bahkan bahasa gaul yang memiliki dampang negatif bagi bahasa aslinya. Terkadang masyarakat bahkan anak muda tidak menyadarinya.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari penggunaan bahasa Indonesia dengan bahasa yang sering digunakan oleh generasi millenial :
1. Kata "Jasa"
Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata Jasa memiliki arti aktivitas, maupun manfaat yang berguna bagi orang lain.Sedangkan dalam sehari-hari biasanya anak muda sering menggunakan kata "jasa" sebagai pengganti kata sangat, banget, sekali. Contoh kalimatnya adalah "...mau ke kampus malas jasa", yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menurut KBBI adalah "... mau ke kampus malas sekali" .
2. Kata "mager"
Nah kali ini kata mager masuk dalam KBBI yang diartikan sebagai malas gerak. Biasanya generasi millenial lebih sering menggunakan kalimat ini dengan singkatan yaitu mager, agar lebih singkat mengucapkannya.
3. Kata "FYI"
 Kata "FYI" sendiri merupakan singkatan dalam bahasa Inggris yaitu For Your Information dan tidak masuk dalam KBBI loh teman-teman. Biasanya kaum millenial menggunakan kata FYI ini agar lebih mempersingkat pengucapan saja.
Sebagai anak muda, kita harus tetap menjaga bahasa Indonesia agar kita dapat memposisikan bahasa yang kita gunakan sesuai fungsinya. Caranya adalah : pertama, pakai bahasa millenial tetapi tetap memperhatikan konteksnya. Kedua, tidak mencampur grammar dalam menggunakan bahasa. Ketiga adalah kuasai bahasa Indonesia.
Nah, menurut kalian apalagi nih bahasa kaum millenial yang masuk dalam KBBI dan tidak termasuk dalam KBBI ?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan